Kamis, 12 Mar 2020 21:30 WIB

Pasangan Menangis Tersedu Usai Bercinta? Bisa Jadi Ini Alasan Medisnya

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
ilustrasi pasangan Kata ahli soal merasa sedih setelah berhubungan seks. Foto ilustrasi: iStock
Jakarta -

Tak selalu berakhir senang, ternyata berhubungan seks juga bisa membuatmu menjadi sedih lho! Rasa sedih sehabis bercinta biasa disebut dengan post-coital dysphoria (PCD).

"PCD merupakan perasaan sedih, marah dan susah umumnya setelah berhubungan seks," ucap pakar seks di New York, Ian Kerner, PhD, dikutip dari Health.

Sebuah survei yang dilakukan pada wanita dan telah diterbitkan dalam Sexual Medicine di tahun 2015 menemukan bahwa sebanyak 46 persen responden mengalami setidaknya satu kaliPCD dalam hidupnya, dan 5 persen lagi sering merasa sedih dan kesepian setelah berhubungan seks.

Pada dasarnya seks dan orgasme dapat melepaskan oksitosin atau 'hormon cinta' yang akan mengikatmu dengan pasangan secara emosional. Jika kamu merasa sedih setelah bercinta kemungkinan ada masalah yang terjadi di dalam hubunganmu.

Kerner pun memberikan contoh pasangan yang sebelumnya bertengkar, kemudian melakukan hubungan seks.

"Setelah bertengkar, melakukan hubungan seks mungkin akan terasa hebat, tetapi setelahnya mungkin saja seseorang menyadari bahwa mereka sebenarnya tidak benar-benar sedang terhubung satu sama lain," tuturnya.



Simak Video "Dokter Boyke Sayangkan Kurangnya Pendidikan Seks untuk Milenial"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)