Kamis, 19 Mar 2020 20:46 WIB

5 Jenis Kondom Ini Tak Cuma Unik, Fungsinya Juga Berbeda-beda

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
inovasi kondom Jenis-jenis kondom (Foto: thinkstock)
Jakarta -

Secara umum kondom memang berfungsi untuk mencegah kehamilan dan penularan infeksi menular seksual (IMS) saat bercinta. Seiring perkembangan zaman, jenis-jenis kondom pun mulai beraneka ragam, mulai dari yang berwarna, beraroma hingga menyala dalam gelap.

Meskipun terlihat aneh, berbagai macam jenis kondom ini bisa dipastikan aman untuk digunakan. Karena proses pembuatannya pun tak sembarangan dan melewati berbagai proses uji coba.

Berikut ini adalah 5 jenis kondom dan kegunaannya, seperti dikutip dari Very Well Health.

1. Kondom beraneka warna

Tak hanya berwarnakan polos, tetapi kondom jenis ini memiliki warna unik seperti bendera negara Amerika Serikat, Prancis dan negara lainnya. Tetapi sayangnya tak semua kondom berwarna ini aman untuk digunakan, jadi pastikan untuk baca terlebih dahulu keterangan pada kondom sebelum membeli.

2. Kondom ultra thin

Kondom jenis ini dapat memberikan sensasi layaknya sedang tak mengenakan alat kontrasepsi saat bercinta. Hal ini dikarenakan kondom ultra thin dibuat secara setipis mungkin, tetapi tetap memperhitungkan keamanannya sehingga risiko bocor atau rusak bisa berkurang.

3. Kondom beraroma

Sama seperti namanya, kondom jenis ini memiliki berbagai aneka aroma rasa buah seperti stroberi, anggur, jeruk, pisang, coklat dan lain-lain. Kondom beraroma sangat cocok bagi kamu yang ingin tetap aman dan terhindar dari risiko IMS saat melakukan oral seks.

4. Kondom bergerigi

Setidaknya 30 persen wanita mengalami kesulitan orgasme ketika berhubungan seks. Hal itulah yang membuat kondom bergerigi ini diciptakan, dengan berbagai macam tekstur dan tonjolan yang dirancang sedemikian rupa tentu akan memberikan sensasi yang lebih 'dahsyat' saat bercinta.

5. Kondom glow in the dark

Kamu tak salah baca kok, kondom jenis ini memang bisa menyala dalam gelap. Kamu tak perlu khawatir karena kondom jenis ini memiliki tiga lapisan di dalamnya.

Lapisan terdalam dan terluar terbuat dari bahan lateks, hanya saja di antara kedua lapisan itu terdapat pigmen atau bahan kimia yang aman dan bisa menyala dalam gelap.



Simak Video "Seks Aman Saat Pandemi Corona Bersama dr Boyke"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)