Sabtu, 21 Mar 2020 20:52 WIB

5 Penyebab Perut Sakit Sehabis Bercinta

Ayunda Septiani - detikHealth
Eighteen plus, age limit, sign in neon style. Only for adults. Night bright neon sign, symbol 18 plus. Vector Illustration. Ilustrasi seks (Foto: Getty Images/iStockphoto/Soifer)
Jakarta -

Bercinta atau berhubungan seks dianggap sama dengan melakukan olahraga. Melakukan hubungan intin yang melibatkan fisik sehingga bisa menimbulkan masalah seperti kram, otot tegang, dan juga dehidrasi.

Kondisi tegang yang kamu alami serta posisi yang kadang tidak tepat bisa menyebabkan kamu mengalami kram saat bercinta. Masalah lain yang umum dialami karena bercinta adalah sakit perut.

Sakit perut ini bisa dialami baik oleh pria maupun wanita. Berdasar penelitian yang dipublikasikan di International Journal of Obstetrics & Gynaecology, diketahui bahwa 3 hingga 18 persen orang mengalami dyspareunia atau nyeri saat bercinta setidaknya sekali ketika hidup.

Munculnya dyspareunia ini bisa disebabkan karena beberapa hal. Dikutip dari The Health Site, berikut sejumlah hal yang bisa menyebabkan sakit perut ketika dan setelah bercinta.

1. Reaksi emosional

Bercinta bisa menimbulkan sejumlah reaksi emosional yang kadang bisa membuat seseorang yang melakukannya terkejut. Hal ini bahkan kadang tidak dirasakan langsung oleh orang tersebut. Stres karena seks serta performa di ranjang ini kadang juga bisa menyebabkan otot perut menjadi tegang dan berakhir sakit perut.

2. Aktivitas otot saat orgasme

Otot pinggul akan bekerja ketika kamu orgasme. Kontraksi berlebih dari otot bisa menyebabkan sakit di perut, perut bagian bawah, dan pinggul.

Segala jenis rasa sakit tersebut biasa dialami saat hamil, memiliki kista ovarium, atau endometriosis. Nyeri setelah orgasme secara medis biasa dikenal sebagai dysorgasmia.

3. Asam lambung

Selama bercinta, udara di dalam vagina dapat terperangkap ke anus dan sebalinya. Udara yang terperangkap ini bisa menimbulkan rasa sakit pada dada. Setelah kamu mengeluarkan udara, rasa nyeri ini bakal hilang.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Dokter Boyke Sayangkan Kurangnya Pendidikan Seks untuk Milenial"
[Gambas:Video 20detik]