Minggu, 22 Mar 2020 05:30 WIB

New York City Keluarkan Panduan Bercinta di Tengah Wabah Corona

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Beautiful young couple in love dating outdoors and smiling Panduan bercinta di tengah wabah virus corona COVID-19 (Foto: iStock)
Jakarta -
Sejauh ini tidak ada bukti bahwa virus corona COVID-19 menular lewat hubungan seks. Namun kondisi yang menyertai hubungan seks seperti kontak dekat dan berciuman tak bisa dipungkiri bisa meningkatkan risiko.

Departemen kesehatan New York City sampai harus mengeluarkan panduan khusus soal ini. Anjuran pertama adalah tentang masturbasi, karena partner seks paling aman menurut panduan tersebut adalah diri sendiri.

"Masturbasi tidak akan menyebarkan COVID-19, terlebih jika Anda mencuci tangan dengan sabun dan air selama minimal 20 detik sebelum dan sehabis bercinta," demikian tercantum dalam sebuah dokumen yang belakangan telah dihapus, dikutip dari Newsweek.



Anjuran berikutnya adalah untuk tidak berhubungan seks dengan orang lain di luar lingkaran dekat. Menghindari kontak dekat dengan orang lain di luar lingkaran disebut bisa membantu mencegah persebaran COVID-19.

"Partner paling aman berikutnya adalah orang yang tinggal dengan Anda," tegas panduan tersebut.

"Panduan kami akan diperbaharui secara rutin," kata seorang juru bicara departemen kesehatan New York City, dikutip dari NYpost.



Simak Video "Geser China, AS Jadi Pusat Pandemi Virus Corona COVID-19"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)