Rabu, 01 Apr 2020 20:01 WIB

Miss V Bau seperti Bawang? Kenali Penyebabnya

Ayunda Septiani - detikHealth
ilustrasi vagina Vagina bau seperti bawang? kenali penyebabnya. (Foto ilustrasi: thinkstock)
Jakarta -

Aroma vagina bagi kebanyakan orang termasuk hal yang aneh dan tabu untuk dibahas. Padahal wanita juga perlu memperhatikannya karena ini dapat menandakan masalah kesehatan seperti infeksi. Salah satu yang jarang dibicarakan adalah organ intim yang mengeluarkan aroma bawang alias Onions and Garlic Aroma (OGA).

Sebenarnya perubahan aroma vagina sangat umum terjadi sehingga wanita tidak perlu malu. Tapi kenapa vagina bisa beraroma bawang? Mungkinkah akibat makanan yang dikonsumsinya?

Makan makanan tertentu bisa merubah aroma tubuh. Dan aroma bawang yang muncul pada vagina sebenarnya bukan karena bawang yang dikonsumsi.

Dr Larisa Corda, seorang ahli kandungan dan ahli kesuburan memberi tahu ada faktor-faktor lain yang lebih mungkin dipertimbangkan.

"Setiap vagina memiliki aroma sendiri yang bervariasi dari satu wanita ke wanita lain," kata Corda seperti dikutip Metro.

Menurutnya aroma tersebut bisa disebabkan oleh kumpulan bakteri tertentu, yang disebut mikroflora, yang ada di sana. Sering kali, baunya dapat menyerupai makanan yang difermentasi karena bakteri dapat mirip dengan yang ditemukan dalam roti sourdough dan yoghurt.

Ia menambahkan, hal-hal lain seperti pendarahan vagina, urine, keringat, dan bahkan stres juga dapat memengaruhi aroma di sana.

"Ketika baunya berubah 'busuk dan mencurigakan' kamu harus meminta bantuan seorang profesional medis, karena ini biasanya merupakan pertanda bahwa ada sesuatu yang lebih jahat yang sedang bermain," kata Corda.

Corda mengingatkan, cara terbaik untuk mengurangi risiko pengembangan OGA adalah merawat vagina dengan baik.



Simak Video "Mengandung Bakteri Listeria, Kementan Musnahkan Jamur Enoki"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)