Jumat, 03 Apr 2020 20:03 WIB

4 Jenis Penyakit yang Bisa Ditularkan Lewat Ciuman, Herpes Salah Satunya

Ayunda Septiani - detikHealth
Beautiful young couple in love dating outdoors and smiling Ciuman bisa menularkan penyakit (Foto: iStock)
Jakarta -

Saat ini kita sering sekali menghubungkan infeksi dan penyakit menular seksual dengan seks vagina, anal, dan oral. Perlu diketahui, ciuman juga bisa menularkan sejumlah penyakit meski kemungkinan yang didapat lebih rendah.

Menurut Mayo Clinic, ada empat jenis infeksi yang dapat ditularkan melalui kontak mulut ke mulut dengan orang yang terinfeksi. Sebaiknya hati-hati meski itu sekadar berciuman.

1. Herpes

Herpes disebabkan oleh virus herpes simpleks tipe 1 (HSV-1). Menurut para ahli, ini merupakan infeksi yang paling umum menyebar melalui ciuman. Wanita dikatakan lebih rentan dibandingkan pria terhadap virus herpes.

Risiko penularannya juga lebih tinggi jika ada luka pada mulut atau di bibir. Para ahli medis menyarankan untuk lebih dulu melihat area mulut sebelum mencium seseorang karena luka yang terkait dengan herpes cukup terlihat.

2. Gingivitis

Gingivitis atau peradangan pada gusi, adalah penyakit ringan yang disebabkan oleh bakteri. Bakteri tersebut berpotensi ditularkan melalui kontak dengan air liur yang terinfeksi.

"Mencium seseorang yang memiliki penyakit gusi atau bakteri penyebab gigi berlubang bisa menyebabkan orang lain yang sebelumnya memiliki konsentrasi rendah bakteri 'jahat' bisa mengalami masalah gigi," kata dokter gigi asal California, Mark Burhenne.

Dia menambahkan, menjaga kebersihan mulut yang baik seperti, menyikat dua kali sehari dan flossing adalah cara terbaik untuk melindungi diri dari jenis bakteri ini.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Dokter Boyke Sayangkan Kurangnya Pendidikan Seks untuk Milenial"
[Gambas:Video 20detik]