Sabtu, 04 Apr 2020 20:00 WIB

4 Perubahan Ini Bisa Terjadi Pada Miss V Usai Bercinta

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
ilustrasi vagina Vagina bisa mengalami perubahan saat bercinta. (Foto: ilustrasi/thinkstock)
Jakarta -

Setelah bercinta, tak hanya kepuasan dan kenikmatan yang didapatkan. Tapi, tanpa anda sadari, ada perubahan yang terjadi pada vagina wanita.

Tenang, perubahan yang terjadi ini umum dialami oleh wanita usai berhubungan seks. Ada yang mengalami rasa gatal, sakit, dan lain-lainnya. Apa saja perubahannya dan apakah berbahaya?

Dikutip dari Glamour, berikut ini beberapa perubahan yang terjadi pada vagina yang umum terjadi.


1. Gatal

Usai bercinta, rasa gatal pada vagina pasangan anda bisa terjadi karena beberapa hal. Ahli kandungan Maureen Whelihan mengatakan rasa gatal bisa muncul akibat iritasi karena luka saat penetrasi, kulit sensitif, atau alergi pelumas untuk bercinta.

Jika mengalami ini, coba segera bersihkan vagina setelah bercinta. Kalau rasa gatal itu masih muncul, segera konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.

2. Bengkak

Vagina yang sedikit bengkak setelah bercinta sangat umum terjadi. Bengkak ini sebenarnya sebagai tanda gairah yang bisa terjadi hingga seks selesai.

Menurut Whelihan, bengkak ini bisa hilang sendirinya. Jadi, saat vulva terisi darah selama gairah memuncak, vulva akan terlihat gemuk dan bengkak.

3. Vagina terasa kering

Jika vagina terasa kering setelah bercinta, itu tandanya kurang pelumas. Untuk mengatasinya, tidak ada salahnya menggunakan pelumas (lube) agar minim rasa sakit.

Anda juga masih bisa menggunakan pelumas setelah bercinta, jika rasa kering itu masih terjadi. Pelumas bisa membantu menenangkan area yang mengalami iritasi.

4. Sedikit berdarah

Terkadang, setelah bercinta vagina mengeluarkan sedikit darah. Menurut profesor klinis ilmu obstetri, ginekologis, dan reproduksi di Yale School of Medicine, Mary Jane Minkin, hal ini terjadi karena kondisi vagina yang kering.

Selain itu, gerakan seks yang kasar juga bisa mengakibatkan luka dan berdarah. Agar tidak semakin berbahaya, bisa langsung konsultasikan ke dokter atau spesialis di bidangnya.



Simak Video "Dokter Boyke Sayangkan Kurangnya Pendidikan Seks untuk Milenial"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/fds)