Minggu, 05 Apr 2020 19:00 WIB

Benarkah Masturbasi Bisa Tingkatkan Imunitas Tubuh?

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
ilustrasi pasangan orgasme Sering orgasme disebut bisa meningkatkan imunitas tubuh (Foto: thinkstock)
Jakarta -

Membicarakan soal masturbasi di Indonesia memang masih terbilang tabu. Namun tak sedikit manfaat yang disebut dapat diperoleh dari aktivitas ini, salah satunya meningkatkan imunitas tubuh. Benarkah begitu?

Mengutip Health, penelitian yang dilakukan oleh Departemen Psikologi Medis di University Clinic of Essen, Jerman, menerbitkan hasil penelitian yang cukup menarik dalam jurnal Neuroimmunomodulation pada tahun 2004.

Penelitian ini mengamati sekelompok pria yang terdiri dari 11 orang partisipan. Studi ini mengamati efek orgasme melalui masturbasi terhadap jumlah sel darah dan sistem kekebalan tubuh. Jumlah sel darah putih setiap peserta dicatat lima menit sebelum dan 45 menit setelah mencapai orgasme tunggal. Hasilnya, sel darah putih meningkat jumlahnya setelah para pria tersebut mengalami orgasme.

Meski begitu, tidak semua peneliti sependapat dengan hal ini. Gail Saltz, MD, profesor psikiatri di Presbyterian Weill Cornell School of Medicine di New York School Hospital, mengatakan bahwa hingga saat ini belum ada penelitian yang secara khusus membuktikan bahwa masturbasi meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan cara mencegah atau membantu melawan infeksi.

Menurutnya, rangsangan seksual diyakini dapat memengaruhi produksi bahan kimia yang terkait dengan sistem kekebalan tubuh.

"Ada beberapa studi yang sangat kecil yang menunjukkan bahwa bahan kimia yang terkait dengan sistem kekebalan tubuh dipengaruhi oleh rangsangan seksual," jelas Gail Saltz.



Simak Video "Penyandang Diabetes Tetap Aman Pergi ke RS saat Pandemi Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)