Selasa, 07 Apr 2020 19:05 WIB

Cara Cuci Masker Kain yang Baik Agar Tidak Terkontaminasi Corona

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Masker kain bisa dijadikan masyarakat sebagai alternatif masker medis yang mulai langka, karena masker kain juga dapat menangkal penularan virus corona. Masker kain jadi alternatif memutus penularan virus corona. (Foto: Antara Foto)
Jakarta -

Kini, pemerintah telah menganjurkan seluruh masyarakat Indonesia untuk menggunakan masker, terutama yang berbahan dasar kain saat berada di tempat umum atau keramaian. Bukan seperti masker medis yang harus dibuang setelah dipakai satu kali, masker kain ini bisa digunakan berkali-kali.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS, (CDC), mereka merekomendasikan untuk mencucinya bisa sampai satu minggu sekali. Ini bisa dilakukan selama masker tersebut tidak kotor atau basah.

"Harus dicuci secara rutin, tergantung pada frekuensi penggunaan. Bisa juga mencucinya seminggu sekali, jika masker tidak basah ataupun kotor," kata Direktur Medis Yayasan Nasional untuk Penyakit Menular di Bethesda, William Schaffner.

Tapi, bagaimana sih cara mencuci masker yang baik?

Schaffner menyarankan masker harus dicuci tergantung pemakaian dan keadaannya. Cara mencucinaya pun hampir sama seperti pakaian pada umumnya.

Mengutip dari Fox News, ada baiknya jika masker tersebut dicuci menggunakan deterjen dan air panas. Hal ini akan membuat virus dan bakteri yang mungkin menempel di masker bisa musnah.

Agar lebih efektif lagi, setelah dicuci bisa dijemur di bawah sinar matahari sampai benar-benar kering. Ini membantu agar masker kembali bisa aman dipakai lagi untuk berperang melawan COVID-19.



Simak Video "Nggak Usah Beli, Bikin Masker Kain Mandiri Cuma 1 Menit "
[Gambas:Video 20detik]
(sao/kna)