Kamis, 09 Apr 2020 19:30 WIB

Studi Sebut Taruh Ponsel di Saku Celana Berisiko Turunkan Kesuburan Pria

Muhammad Anjar Mahardhika - detikHealth
Pria meletakkan dompet di saku belakang celananya Ponsel di saku celana disebut dapat pengaruhi kesuburan pria. (Foto: Thinkstock)
Jakarta -

Banyak orang yang menaruh ponsel mereka pada saku celana mereka, salah satu alasannya disebut karena praktis. Namun sebuah studi sebut hal ini bisa berdampak negatif terutama bagi pria.

Sebuah penelitian dari sekolah kedokteran Technicon di Haifa, Israel, menyebut kebiasaan pria menyimpan ponselnya pada saku celana dapat memberikan efek yaitu menurunkan jumlah sperma. Hal ini dapat berdampak pada kesuburan pria.

Dilansir Metro, penelitian ini juga menyebut 47 persen pria terkena dampak negatif dari menyimpan ponsel pada saku celana dekat kemaluannya. Para peneliti mengatakan dampak ini disebabkan oleh aktivitas elektromagnetik atau radiasi dari ponsel pada penis pria.


"Jika Anda mengenakan jas untuk bekerja, letakkan ponsel di saku dada dan jangan diletakkan pada saku celana dekat kemaluan. Ini akan mengurangi risiko penurunan kualitas sperma," kata Prof Gedis Gruzinskas, konsultan kesuburan dari St George's Hospital di London.

Selain itu studi ini juga menemukan bahwa pria yang tidur dengan ponsel di dekatnya akan mengalami penurunan kualitas sperma. Hal ini diketahui setelah peneliti membandingkannya dengan pria yang tidak tidur dekat ponsel.



Simak Video "Benarkah Virus Corona Bisa Menular Lewat Ponsel?"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)