Jumat, 10 Apr 2020 20:11 WIB

Stres karena Corona Bikin Nggak Mood Bercinta? Ini Saran Ahli

Firdaus Anwar - detikHealth
ilustrasi pasangan Stres dapat ganggu kehidupan seksual kamu. (Foto: iStock)
Jakarta -

Stres dapat mempengaruhi gairah seksual, mengurangi dorongan bercinta. Untuk mengatasi stres di tengah wabah Corona, ada beberapa cara yang bisa dilakukan.

Spesialis urologi dr George Lee Eng Geap dari Malaysia menjelaskan langkah pertama yang harus segera dilakukan adalah komunikasi. Biasanya pada tahap awal stres dapat dengan mudah diatasi dan pasangan bisa segera kembali bermesraan.

"Saat stres atau kecemasan menimbulkan penurunan libido yang konsisten, penting untuk segera mendapatkan kembali dorongan seksual di tahap awal demi mencegah adanya kesalahpahaman dan perasaan jauh dalam hubungan," kata dr Lee seperti dikutip dari Malay Mail, Jumat (10/4/2020).

"Mengaku bahwa kamu stres dan tidak malu karenanya jadi langkah pertama, dilanjutkan dengan komunikasi terbuka dan bersama-sama menghadapi stres. Aktivitas sederhana seperti peluk dan cium sudah cukup membuat tubuh lebih rileks dan melepas stres," lanjutnya.

Tips berikutnya adalah lakukan hal-hal menyenangkan yang bisa mengundang gairah bercinta. dr Lee memberi contoh misalnya role-play (bermain peran) hingga pijat erotis bisa mendongkrak produksi hormon bahagia yang akan menekan stres.

Di tengah wabah virus Corona COVID-19, aktivitas seksual justru disarankan untuk mendukung sistem imun.



Simak Video "Isu Konspirasi Jadi Ganjalan Relawan Saat Informasikan soal COVID-19"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)