Sabtu, 11 Apr 2020 09:14 WIB

Tips Seks Sehat dan Aman dari dr Boyke Saat Pandemi Virus Corona

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
ilustrasi pasangan bercinta Ilustrasi bercinta. (Foto ilustrasi: thinkstock)
Jakarta -

Saat pandemi virus Corona tengah berlangsung, banyak pasutri menjadi khawatir ketika akan melakukan hubungan seksual. Terlebih adanya anjuran jaga jarak sehingga membuat sebagian besar pasangan suami istri bertanya-tanya, apakah masih boleh melakukan aktivitas seks?

"Jadi pada prinsipnya hubungan seks boleh-boleh saja. Apalagi kalau keduanya di rumah aja nggak pernah keluar. Nah yang menjadi masalah adalah apakah pasangannya itu masih sesekali keluar," kata pakar seks, dr Boyke Dian Nugraha, dalam perbincangan dengan detikcom.

Apabila pasangan masih sesekali keluar, pastikan bahwa mereka bersih dari virus Corona dengan memastikan selalu memakai masker, menerapkan physical distancing saat di luar rumah dan tidak berkumpul dengan sekelompok orang sehingga membuatnya rentan tertular.

"Yang terpenting juga ketika dia mau masuk ke rumah, harus bersih. Dari sepatu, lepas. Cuci muka, tangan, ganti baju, lanjut mandi pakai sabun sampai ke atas kepala baru setelah itu boleh menyentuh pasangannya," lanjut dr Boyke.

Bercinta di tengah pandemi virus corona menurut dr Boyke juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Hubungan seks bisa memicu hormon endorfin dan timbulnya rasa bahagia sehingga imunitas menjadi naik.

"Beberapa penelitian menunjukkan kalau sakit apakah flu ringan atau nyeri sendi kecapean, maag ringan, dengan hubungan seks bisa sembuh," terangnya.

"Jadi justru pada saat COVID-19 ini, sepanjang kita yakin pasangan dua-duanya bersih, melakukan hubungan seks is okay," pungkas dr Boyke.

Simak perbincangan dengan dr Boyke dalam video berikut:

[Gambas:Video 20detik]

(kna/up)