Minggu, 12 Apr 2020 19:30 WIB

Hati-hati, 4 Kondisi Penis yang Bisa Jadi Pertanda Masalah Kesehatan

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
ilustrasi penis pria mengalami ereksi 4 kondisi penis ini bisa jadi pertanda masalah kesehatanmu lho. (Foto ilustrasi: thinkstock)
Jakarta -

Beberapa kondisi kesehatan ternyata bisa dilihat dari apa yang dirasakan penis pria. Gejala-gejala seperti nyeri pada penis, bentuk penis yang dirasa tidak normal hingga masalah saat buang air kecil bisa menjadi tanda kamu memiliki penyakit serius, lho.

Jangan sampai kamu tidak mengenali beberapa gejalanya. Berikut 4 hal yang perlu kamu tahu soal kondisi kesehatan yang bisa ditandai dengan masalah pada penis, dikutip dari Health, menurut paparan ahli urologi di Klinik Cleveland, dr Ryan Berglund MD.

Bentuk penis yang melengkung

Beberapa pria mengalami hal ini. Sebenarnya penis yang melengkung bisa dikatakan normal jika lengkungannya tidak mengganggu aktivitas seksual.

Kondisi penis melengkung juga disebut sebagai peyronie. Meski begitu, bentuk melengkung yang melebihi 30 derajat perlu diwaspadai dan ditanyakan ke ahli urologi.

"Itu dari kondisi yang relatif umum disebut penyakit Peyronie, yang disebabkan oleh penumpukan jaringan parut," kata dr Berglund.

Benjolan

Jika ada benjolan di bawah kulit sekitar penis, dr Berglund pun mengingatkan untuk waspada.

"Biasanya, pria merasakan kekerasan, dan kadang-kadang [disebabkan oleh] pembuluh darah," katanya.

Kelenjar getah bening yang tersumbat juga bisa menjadi penyebabnya, lho. "Atau pria akan mengatakan ada kekerasan di tengah, yang seringkali merupakan bekas luka jaringan dari Peyronie," tambahnya.

Penis terasa nyeri

"Luka pada kulit penis bisa terasa sakit atau tidak menyakitkan," begitu jelas dr Berglund. Namun kondisi kesehatannya tergantung pada yang dialami penis pasanganmu dan ada kemungkinan seperti berikut.

"Dengan sifilis, Anda akan menemukan luka, tetapi biasanya tidak menyakitkan dan dapat diobati dengan suntikan penisilin sederhana," jelasnya.

"Herpes juga menyebabkan sakit," lanjutnya.

Tentu jika kamu merasa nyeri tak kunjung usai, ada baiknya untuk segera mengeluhkan kondisi ini pada ahlinya.

Masalah saat buang air kecil

Disebut dr Bergrund, bahwa kanker bisa menjadi salah satu penyebab pria merasa nyeri pada penis. Ia menyebut jika kamu buang air kecil dengan mengeluarkan warna merah muda atau merah bisa jadi menandakan batu ginjal, infeksi kandung kemih, atau bahkan cedera.

Masalah buang air kecil lainnya seprti retensi kandung kemih, ketika pria mengalami pembesaran prostat. Maka dari itu dr Barglund menyarankan untuk menjalani skrining kanker prostat agar mengetahui kondisinya aman.



Simak Video "Pentingnya Peran Keluarga Dalam Dampingi Pasien Kanker"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/kna)