Sabtu, 25 Apr 2020 20:00 WIB

Pria Wajib Tahu, Ini Alasan Kamu Suka Alami Ereksi di Pagi Hari

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
ilustrasi ereksi Ereksi di pagi hari merupakan fungsi normal sistem reproduksi pria. (Foto: iStock)
Jakarta -

Hampir setiap pria pasti pernah mengalami ereksi di pagi hari setelah bangun tidur dan itu adalah hal yang wajar. Tetapi mengapa ereksi tersebut bisa terjadi?

Mengutip dari Medical News Today, dalam istilah medis ereksi jenis ini disebut sebagai nocturnal penile tumescence (NPT). NPT tidak dipengaruhi oleh gairah seksual atau mimpi yang berkaitan dengan seks saat tertidur, melainkan ini adalah fungsi normal dari sistem reproduksi pria.

NPT cenderung terjadi ketika seseorang sudah masuk ke dalam fase tidur rapid eye movement (REM). Tidur REM umumnya terjadi pada 70-90 menit pertama setelah tertidur, dan terulang lagi setiap 90 menit kemudian. Ini adalah momen ketika seseorang mengalami mimpi saat tertidur.

Ereksi pun dapat hilang dengan sendirinya ketika seseorang sudah mulai memasuki tidur yang lebih lelap. Karena itu kemungkinan pria tanpa sadar mengalami ereksi beberapa kali pada saat tidur.

Faktanya jika seorang pria mengalami NPT dalam setiap hari, itu menunjukkan sistem saraf dan aliran darah ke penisnya normal dan sehat. Tetapi seiring bertambahnya usia, NPT akan lebih jarang terjadi.

Apabila kamu mengalami penurunan NPT dalam kurun waktu yang singkat, sebaiknya konsultasikan ke dokter untuk dapat ditangani lebih lanjut.



Simak Video "Dokter Boyke Sayangkan Kurangnya Pendidikan Seks untuk Milenial"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)