Senin, 27 Apr 2020 21:32 WIB

Ternyata Ini Alasan Rambut Kemaluan Tumbuh Lebat dan Keriting

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
razor, bar of sudsy soap on shiny wet gray surface. Rambut kemaluan tumbuh berbeda dengan rambut di bagian lain (Foto: thinkstock)
Jakarta -

Lebat dan keriting, begitulah rupa dari rambut kemaluan yang tumbuh pada setiap orang. Mengapa rambut kemaluan berbeda dengan rambut yang tumbuh di area lain seperti kepala dan ketiak?

Dikutip dari Men's Health, dokter kulit dan anggota American Academy of Dermatology, Marc Glashofer, mengatakan ada alasan mengapa rambut kemaluan cenderung lebih tebal dan kasar dibandingkan dengan rambut lain di tubuh, yakni karena asal-usulnya yang bertujuan sebagai pelindung.

"Ini mencegah gesekan yang terjadi selama bercinta, yang dapat menyebabkan lecet di kulit dan ruam di kemaluan," ucap Glashofer.

"Lebih penting lagi, rambut kemaluan berfungsi sebagai pelindung terhadap bakteri dan patogen lainnya," lanjutnya.

Sementara itu, Direktur Institute of Men's Health di Jersey Urology Group, Amerika Serikat, Brain Steixner mengatakan penyebab rambut kemaluan keriting adalah karena tugasnya sebagai perangkap feromon, yang disekresikan atau dikeluarkan melalui kelenjar keringat di sekitar area selangkangan.

Menurutnya teori ini sudah ada sejak lama, bahkan ketika manusia belum mengenal pakaian. Bau menyengat dari keringat tubuh bisa dianggap sebagai pembangkit gairah seksual atau afrodisiak.



Simak Video "Makan Gorengan Berlebihan Bisa Bikin Kulit Cepat Tua Lho!"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)