Sabtu, 02 Mei 2020 20:00 WIB

Manfaat Rambut Kemaluan Bagi Kesehatan Organ Intim

Muhammad Anjar Mahardhika - detikHealth
ilustrasi penis Rambut kemaluan memiliki fungsinya sendiri. (Foto: Thinkstock)
Jakarta -

Banyak orang kurang memperhatikan rambut yang tumbuh pada organ vital atau kemaluan. Ada yang mungkin rutin mencukur rambut kemaluan, tapi ada juga yang membiarkan pertumbuhannya.

Meskipun letaknya yang tersembunyi, rambut kemaluan ternyata mempunyai manfaat yang bagus untuk tubuh.

Mengutip Healthline, berikut dua manfaatnya bagi tubuh.

Mengurangi gesekan

Kulit di sekitar area organ genital itu sangat halus. Nah, rambut kemaluan ini bisa berfungsi untuk melindunginya dari friksi atau gesekan dari pakaian sehari-hari. Selain itu, rambut kemaluan juga bisa mengurangi gesekan saat melakukan hubungan seks.

Beberapa penelitian bahkan menyebut rambut kemaluan sebagai 'pelumas kering' saat bercinta. Ini karena akan lebih mudah saling menggesekkan rambut ke rambut dibandingkan kulit ke kulit.

Melindungi dari bakteri

Sama halnya dengan bulu mata maupun bulu hidung, rambut kemaluan juga memiliki fungsi untuk menyaring kotoran maupun mikroorganisme yang berbahaya.

Selain itu folikel atau akar pada rambut kemaluan menghasilkan sebum, yaitu minyak yang mencegah bakteri berkembang biak. Beberapa penyakit yang dapat terlindung karena rambut kemaluan mulai dari selutis sampai infeksi menular seksual (IMS).



Simak Video "Dokter Boyke Sayangkan Kurangnya Pendidikan Seks untuk Milenial"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)