Selasa, 26 Mei 2020 21:00 WIB

Benarkan Wanita Lebih Cepat Tidur Usai Bercinta?

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Ilustrasi tidur Bisakah seks membuat tidur jadi lebih pulas? (Foto: Getty Images/iStockphoto/Damir Khabirov)
Jakarta -

Berhubungan seks tak hanya memberikan kepuasan pada pasangan saja, tetapi punya manfaat lain yaitu membuat tidur lebih nyenyak. Hal ini pun diteliti di Universitas Negeri New York, di Albany, Amerika Serikat.

Berdasarkan penelitian tersebut, wanita lebih mungkin tertidur setelah berhubungan seks. Selain itu, kualitas tidurnya pun jauh lebih baik dibandingkan pria.

"Postcopulatory somnolence atau rasa kantuk setelah bersetubuh juga meningkat dengan cara orgasme, baik pada wanita maupun pria. Namun, dengan atau tanpa orgasme, wanita lebih mungkin cepat tertidur setelah berhubungan seks daripada pria," kata penulis studi dari State University of New York, yang dikutip dari Times of India, Selasa (26/5/2020).

Penelitian ini kemudian mengujinya ke 128 mahasiswi dan 98 mahasiswa. Hasilnya, wanita lebih mudah tertidur setelah berhubungan seks dibandingkan pria. Temuan ini juga menunjukkan bahwa wanita yang mengalami pembuahan usai melakukan hubungan seks juga lebih mudah tertidur.

Namun, temuan ini dianggap bertentangan dengan penelitian sebelumnya. Penelitian tersebut mengatakan bahwa tidak menemukan perbedaan kualitas tidur antara pria dan wanita setelah berhubungan seks yang melibatkan orgasme.



Simak Video "Ramuan Alami untuk Atasi Insomnia"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/fds)