Kamis, 28 Mei 2020 19:45 WIB

Hati-hati, Ini 4 Tanda Kamu Sudah Terlalu Sering Masturbasi

Muhammad Anjar Mahardhika - detikHealth
yellow banana and the hand in the white background Waspada tanda-tanda masturbasi yang sudah tidak sehat. (Foto: iStock)
Jakarta -

Meski disebut memberi manfaat, terlalu banyak masturbasi juga tak baik lho. Ada efek buruk bagi kesehatan karena terlalu banyak masturbasi.

Dari sebuah survei yang dilakukan pada 2.500 pria di Amerika ditemukan 27 persen pria berusia 30-39 tahun melakukan masturbasi tiga kali seminggu, bahkan beberapa kali dalam sebulan.

"Seberapa sering kamu melakukan masturbasi, itu tak menjadi masalah hingga mempengaruhi hidup kamu dengan cara negatif," ujar Dan Drake, MFT LPCC, seorang terapis seks, dikutip dari Men's Health.

Berikut 4 ciri kamu terlalu banyak masturbasi dan dampak buruk bagi kesehatan.

1. Melukai diri sendiri

Seorang ahli urologi dari Southern Illinois University, Tobias Kohler, MD, menyebut beberapa pria yang sering melakukan masturbasi dapat melukai diri mereka sendiri.

Timbulnya luka, radang kulit, hingga penyakit peyronie atau penumpukan jaringan parut pada batang penis bisa terjadi. Ketika kamu sudah merasakan ini sebaiknya kurangi masturbasi.

2. Mengganggu pekerjaan

Drake menyebut kebiasaan masturbasi dapat mengganggu kehidupan sosial, seperti pekerjaan, bahkan keinginan untuk berhubungan seks dengan pasangan. Ia mengingatkan untuk menyesuaikan rutinitas serta mengurangi melakukan masturbasi.

3. Mengganggu kehidupan seks

Seorang pria yang melakukan masturbasi pada umumnya memiliki rangsangan khusus, misalnya pria baru terangsang saat menonton film porno atau melihat gerakan yang khusus sambil masturbasi. Hal ini terkadang tak bisa didapatkan saat berhubungan seks dengan pasangan, sehingga sesi bercinta pun jadi terganggu.

4. Mengganggu pikiran

Terlalu banyak masturbasi dapat mempengaruhi pikiran seseorang. Drake sebut apabila pikiran kamu terganggu oleh masturbasi tentang kapan atau bagaimana melakukannya, tandanya ada masalah yang ditimbulkan.



Simak Video "Sering Onani? Hati-hati Jadi Penyakit!"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)