Rabu, 03 Jun 2020 18:17 WIB

Catat! 6 Hal Penting yang Harus Dilakukan Setelah Berhubungan Seks

Ayunda Septiani - detikHealth
Fashion portrait of young elegant woman in bed Beberapa hal yang harus dilakukan pasangan setelah bercinta. (Foto: iStock)
Jakarta -

Lampu kamar redup, hubungan seksual pun dimulai dan menimbulkan rasa senang pada masing-masing individu yang melakukannya. Namun, setelah merasa puas, ada beberapa hal yang harus dilakukan usai bercinta.

Banyak orang beranggapan bahwa pillowtalk atau cuddling adalah cara terbaik menghangatkan suasana setelah aktivitas seks. Namun, anggapan itu tak sepenuhnya benar. Ada beberapa hal yang harus dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh setelah bercinta.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa hal yang harus dilakukan usai bercinta.

1. Bersih-bersih

Bersih-bersih adalah satu hal yang harus dilakukan setelah bercinta. Tak perlu mandi, Anda cukup membersihkan area intim dengan air bersih. Penggunaan sabun pembersih khusus organ intim wanita tak wajib untuk digunakan.

2. Buang air kecil

Selain membersihkan area intim, Anda juga perlu buang air kecil setelah bercinta. Uretra terletak berdekatan dengan organ intim kewanitaan. Hal itu membuatnya rentan mengalami infeksi selama berhubungan intim.

Buang air kecil akan mendorong bakteri atau kuman bibit penyakit dari saluran kencing. Anda pun bisa terhindar dari infeksi saluran kencing.

3. Minum

Seks seperti halnya olahraga. Anda jadi berkeringat, kalori terbakar, dan timbul rasa segar setelahnya. Sensasi ini Anda dapat rasakan seperti halnya usai berolahraga.

Oleh karena itu, sebaiknya tubuh dihidrasi dengan air mineral. Asupan air akan mengganti cairan yang hilang selama bercinta dan menghindarkan Anda dari dehidrasi. Minum air mineral usia bercinta juga mendorong Anda lebih mudah buang air kecil.

4. Kompres dengan es

Seks kadang meninggalkan rasa tak nyaman pada area intim, khususnya bagi perempuan. Permainan cukup 'keras' bisa membuatnya tidak nyaman. Hal ini disebabkan oleh banyaknya darah yang mengalir ke area labia setelah bercinta.

Anda perlu mengkompres area intim Anda dengan es batu yang dibungkus dengan handuk bersih. Selain menenangkan, cara ini juga memastikan jika ada area yang mengalami iritasi.

5. Cek kondom

Kondom begitu penting, terutama bagi pasangan yang belum berencana memiliki anak. Cek kondom setelah bercinta jika ada kebocoran. Jika terjadi kebocoran, sebaiknya Anda langsung kunjungi dokter kandungan.

6. Jangan abai dengan rasa sakit

Penting untuk berkonsultasi dengan dokter jika Anda mengalami rasa sakit berkelanjutan, keputihan tidak wajar, dan pendarahan.

"Jangan abaikan pendarahan tidak wajar atau keputihan setelah berhubungan intim. Ini bisa jadi gejala infeksi atau lesi pada saluran reproduksi," kata ahli ginekologi, Sheeva Talebian.



Simak Video "Dokter Boyke Sayangkan Kurangnya Pendidikan Seks untuk Milenial"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)