Senin, 15 Jun 2020 18:54 WIB

Butuh 74 Hari untuk 'Matang', Ini 5 Fakta Unik Sperma

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
ilustrasi sperma Sperma yang sehat penting bagi kesuburan pria. (Foto: iStock)
Jakarta -

Hanya butuh satu detik untuk pria menghasilkan 1.500 sel sperma. Maka, tak heran bila saat ejakulasi jutaan sperma akan menyembur keluar.

Pendiri London Doctors Clinic, Dr Seth Rankin, mengatakan masih begitu banyak yang belum kita ketahui tentang sel sperma.

"Sperma memainkan peran besar dalam kehidupan kita. Namun, sayang kita belum tahu lebih banyak tentang mereka," ucap Rankin, dikutip dari Daily Star.

Berikut adalah lima fakta unik tentang sperma yang perlu kamu tahu, seperti dijelaskan oleh Rankin:

1. Bisa hidup lima hari dalam rahim

Umumnya sel sperma akan mati dalam beberapa menit setelah ejakulasi. Namun, apabila masuk ke dalam rahim wanita, sel sperma bisa bertahan hidup tiga sampai lima hari sebelum akhirnya terbuang karena gagal melakukan pembuahan.

2. Butuh 74 hari untuk sperma berkembang

Meski pria bisa menghasilkan jutaan sperma dalam sehari, tapi butuh dua hingga tiga bulan lamanya bagi mereka untuk benar-benar bisa 'matang'.

Ketika sel sperma terbentuk, mereka tidak bisa langsung berenang atau membuahi sel telur. Sehingga butuh waktu 74 hari agar bisa sempurna.

3. Sperma kromosom wanita lebih kuat

Sperma mengandung dua kromosom yang berbeda, yaitu kromosom X (wanita) dan kromosom Y (pria). Menurut penelitian, sperma kromosom wanita jauh lebih kuat daripada pria. Artinya, kemungkinan lebih besar untuk mendapatkan anak berjenis kelamin wanita.

4. Teratur ejakulasi bikin sperma jadi lebih sehat

Sebuah studi menunjukkan, pria yang mengalami ejakulasi empat kali atau lebih dalam sebulan memiliki bentuk dan ukuran sperma yang lebih baik. Sebab, ejakulasi yang tidak teratur dapat menyebabkan regenerasi sel sperma menjadi kurang baik.

5. Beberapa wanita alergi sperma

Dalam beberapa kasus, sperma bisa menyebabkan alergi pada wanita. Alergi ini bisa berupa kemerahan, bengkak, dan gatal-gatal.



Simak Video "Penjelasan Ahli Soal Dugaan Ekshibisionisme Pelaku Pelempar Sperma"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)