Senin, 15 Jun 2020 20:31 WIB

Hindari Kebiasaan Ini Jika Ingin Miss V Tetap Sehat

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
female hand holding object shape heart concept Perhatikan kesehatan vagina kamu. (Foto: iStock)
Jakarta -

Tak hanya penampilan tubuh dan wajah pada wanita yang perlu dirawat, vagina juga harus diperhatikan. Jika perawatan dilakukan dengan baik, area vagina akan sehat dan bersih.

Namun, ada beberapa hal atau kebiasaan yang tidak boleh dilakukan saat merawat vagina. Apa saja ya? Yuk intip beberapa hal yang harus dihindari yang dikutip dari Asia One.

1. Douching

Douching atau mencuci vagina dengan larutan khusus ke dalam saluran vagina harus dihindari. Ini bisa merusak siklus pembersihan alami, menyebabkan iritasi, bahkan infeksi.

Selain itu, kegiatan mencuci vagina ini bisa mengganggu keseimbangan pH dan merusak bakteri baik yang ada di dalamnya.

2. 'Menggunduli' vagina

Jika ingin mencukur rambut pada vagina, sebaiknya jangan sampai 'menggundulinya' atau memangkas sampai bersih. Rambut pubis ini berfungsi untuk menjaga vagina tetap bersih.

Jika dicukur sampai 'gundul', infeksi dan bakteri bisa kapan saja terjadi pada vagina.

3. Pakai sabun dengan pewangi

Untuk membersihkan area vagina disarankan untuk tidak menggunakan sabun mandi atau sabun yang mengandung pewangi. Cukup basuh dengan air biasa, jika perlu bersihkan dengan sabun tanpa pewangi.

4. Bercinta dengan kasar

Area organ intim sangat sensitif, sehingga perlu dirawat dengan baik dan lembut terutama saat berhubungan seks. Jangan lakukan seks secara kasar karena bisa melukai vagina.

Jangan lupa untuk membersihkan vagina usai melakukan hubungan seks dengan cara membasuh bagian luar atau vulva.

5. Hindari celana dalam yang ketat

Celana dalam yang ketat apalagi dengan bahan yang tidak mudah menyerap keringat bisa membuat vagina menjadi lembab dan panas. Ini bisa memicu bakteri dan jamur untuk tumbuh. Disarankan menggunakan celana dalam berbahan katun dan tidak terlalu ketat.



Simak Video "Pelayanan ODHA di Masa Pandemi Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/fds)