Selasa, 16 Jun 2020 21:00 WIB

Ternyata Sel Telur Pilih-pilih, Hanya Mau Dibuahi Sperma yang Seperti Ini

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
ilustrasi sperma Ilustrasi sperma dan sel telur. (Foto: ilustrasi/thinkstock)
Jakarta -

Sebuah penelitian menarik menunjukkan sel telur ternyata hanya pilih sperma berkualitas untuk dibuahi. Dalam studi tersebut sel telur melepaskan zat kimia yang memberi sinyal pada sperma untuk mendorong mereka berenang sebelum membuahi.

"Gagasan bahwa sel telur memilih sperma benar-benar hal baru," kata ahli embriologi klinis Daniel Brison dari Manchester University di Inggris dikutip dari Science Alert.

Peneliti dari Universitas Stockholm dan Universitas Manchester menemukan dengan menguji reaksi sperma terhadap cairan folikel yang mengelilingi sel telur, percaya bahwa tubuh wanita dapat 'memilih' sperma dan memastikan kualitasnya tinggi juga kompatibel secara genetis.

Dikutip dari News Science, mereka mempelajari sampel sperma dan follicular fluid atau cairan kaya nutrisi yang mengelilingi sel telur saat pembuahan, yang dikumpulkan dari 16 pasangan yang menjalani perawatan kesuburan. Sperma kemudian berenang melalui cairan tersebut untuk mencapai sel telur yang belum dibuahi.

Peneliti juga menemukan bahwa cairan folikel wanita tertentu mampu menarik lebih banyak sperma daripada yang lain. Tidak ada pola yang bisa menjelaskan sperma mana yang akan lebih tertarik dengan sel telur, nampaknya acak dan tidak selalu berkorelasi dengan pasangan.

"Temuan ini benar-benar mengejutkan," tutur peneliti John Fitzpatrick di Universitas Stockholm di Swedia.

Ada kemungkinan sel telur tertarik pada sperma yang lebih kompatibel secara genetik yang dapat meningkatkan kemampuan mereka saat dibuahi. Interaksi kimia antara sel telur dan sperma setelah berhubungan seks juga menjadi alasan mengapa beberapa orang mengalami kesulitan hamil.



Simak Video "Penjelasan Ahli Soal Dugaan Ekshibisionisme Pelaku Pelempar Sperma"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)