Selasa, 23 Jun 2020 19:30 WIB

Pria Perlu Tahu, Kurang Tidur Bisa Bikin Sperma Nggak 'Tokcer'!

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
ilustrasi pasangan sedih Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta -

Tahukah kamu kalau kualitas tidur itu berpengaruh dalam kesuburan pria? Menurut sebuah studi, tidur terlalu larut malam bisa merusak kualitas sperma.

Dikutip dari The Sun, studi ini dilakukan oleh para peneliti dari China dan telah diterbitkan dalam jurnal Medical Science Monitor. Sebanyak 1.000 partisipan diamati dalam studi ini dan dicari tahu, apakah ada hubungan antara kebiasaan tidur dengan kesehatan sperma?

Dalam penelitian ini, 1.000 partisipan itu dibagi menjadi tiga kelompok. Ada kelompok yang tidur jam 8 malam, jam 10 malam, dan antara jam 10-12 malam. Alarm mereka pun diatur, sehingga ada yang tidur hanya enam jam, delapan jam, dan sembilan jam atau lebih.

Hasilnya menunjukkan, kelompok pria yang telat dan kurang tidur memiliki kualitas dan jumlah sperma yang jauh lebih rendah, dibandingkan dengan mereka yang tidurnya cukup.

Para peneliti percaya tidur yang tidak berkualitas dapat memicu peningkatan antibodi antisperma, protein yang diproduksi oleh sistem kekebalan tubuh dan dapat menghancurkan sperma yang sehat.



Simak Video "Penjelasan Ahli Soal Dugaan Ekshibisionisme Pelaku Pelempar Sperma"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)