Kamis, 25 Jun 2020 04:56 WIB

3 Efek Samping Jika Terlalu Sering Masturbasi

Ayunda Septiani - detikHealth
Fashion portrait of young elegant woman in bed Ilustrasi seks (Foto: iStock)
Jakarta -

Masturbasi merupakan cara alami untuk menikmati hasrat seksual dengan seorang diri. Meski tak berbahaya, ada beberapa efek samping yang diakibatkan masturbasi.

Bagi sebagian orang, masturbasi bisa dilakukan tanpa menyebabkan dampak serius. Namun, masturbasi yang berlebihan dapat merusak hubungan seseorang dengan pasangan maupun kehidupan sehari-hari.

Masturbasi tak memiliki efek samping yang terlalu berbahaya. Namun, beberapa orang mungkin akan merasakan beberapa akibat dari masturbasi baik secara fisik atau psikis. Berikut beberapa efek samping jika terlalu sering masturbasi mengutip berbagai sumber.

1. Iritasi kulit

Masturbasi yang dilakukan terlalu kuat dapat menimbulkan iritasi pada kulit sekitar alat kelamin. Kendati demikian, iritasi kulit biasanya berlangsung ringan dan hilang setelah beberapa hari.

2. Edema

Mengutip Medical News Today, pada pria, kebiasaan memegang penis terlalu erat selama masturbasi dapat menimbulkan pembengkakan ringan atau edema. Edema menandakan adanya kebocoran cairan tubuh melalui dinding pembuluh darah.

3. Menimbulkan rasa bersalah

Mengutip Healthline, beberapa orang mungkin akan merasa bersalah setelah melakukan masturbasi.

Jika Anda percaya bahwa masturbasi adalah sebuah kesalahan, maka bicarakan hal tersebut dengan seseorang yang Anda percayai. Anda juga bisa menghubungi pihak profesional untuk mendapatkan bantuan.



Simak Video "Ketua Riset COVID-19: Buat Obat Itu Prosesnya Panjang"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)