Sabtu, 27 Jun 2020 05:00 WIB

Mr P Susah Berdiri? 5 Cara Ini Ampuh Atasi Disfungsi Ereksi

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Injection into banana isolated on white Cara mengatasi disfungsi ereksi (Foto: iStock)
Jakarta -

Sebuah laporan menyebut keluhan disfungsi ereksi meningkat sejak pandemi virus Corona COVID-19 berlangsung. Stres akibat lockdown serta konsumsi alkohol disebut-sebut sebagai pemicunya.

Salah satu data yang mendukung klaim tersebut adalah meningkatnya permintaan layanan medis terkait disfungsi ereksi alis impotensi di sebuah layanan konsultasi online. Sejak Mei 2020, tercatat ada peningkatan sebesar 13 persen.

Selain itu, data Google Trends juga menunjukkan adanya peningkatan volume pencarian terkait disfungsi ereksi. Peningkatan tersebut bahkan diklaim sebagai yang tertinggi dalam 12 bulan terakhir.

Pada beberapa kasus, intervensi medis dibutuhkan untuk mengatasi impotensi. Namun pada sebagian yang lain, beberapa tips simpel berikut ini bisa membantu menyelesaikan masalah tersebut.

1. Turunkan berat badan

Pria dengan berat badan berlebih lebih berisiko mengalami disfungsi ereksi. Penyempitan pembuluh darah akibat timbunan lemak menjadi penyebabnya. Kondisi yang sama juga sekaligus meningakatkan risiko penyakit jantung dan stroke.

Sebuah riset menyebut, gangguan fungsi seksual membaik pada 30 persen pria yang sukses menurunkan berat badan. Riset lain menyebut, pria berperut buncit punya risiko 50 persen lebih tinggi untuk mengalami disfungsi ereksi.

2. Berhenti merokok

Seperti halnya kegemukan, rokok merupakan salah satu faktor risiko masalah jantung dan pembuluh darah. Ereksi terjadi ketika aliran darah terkonsentrasi di organ seksual pria, sehingga berbagai gangguan pada sirkulasi darah bisa meningkatkan risiko impotensi.

3. Olahraga

Cukup dengan jalan kaki 30 menit sehari diklaim bisa menurunkan risiko disfungsi ereksi hingga 40 persen, menurut sebuah studi di Harvard. Secara umum, organisasi kesehatan dunia (WHO) menganjurkan aktivitas fisik selama 150 menit tiap pekan untuk menjaga kebugaran.

4. Latihan otot

Banyak yang menganggap latihan otot panggul hanya dibutuhkan oleh kaum wanita. Faktanya, latihan ini bermanfaat juga bagi pria yang punya masalah dengan ereksi. Punya otot dasar panggul yang kuat memungkinkan pria lebih bisa mengontrol aliran darah di organ seksualnya.

5. Redakan stres

Disfungsi ereksi tidak selalu berhubungan dengan gangguan pada pembuluh darah. Faktor psikologis, seperti stres, juga bisa menjadi penyebabnya. Terapi untuk mengatasi depresi dan kegelisahan punya manfaat positif bagi kesehatan seksual pria.



Simak Video "Disfungsi Ereksi Jadi Salah Satu Komplikasi Diabetes"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)