Sabtu, 27 Jun 2020 19:58 WIB

Berapa Jumlah Kalori yang Terbakar Saat Bercinta?

Ayunda Septiani - detikHealth
Eighteen plus, age limit, sign in neon style. Only for adults. Night bright neon sign, symbol 18 plus. Vector Illustration. Ini jumlah kalori yang terbakar saat bercinta. (Foto ilustrasi: Getty Images/iStockphoto/Soifer)
Jakarta -

Sebagian orang yang percaya bahwa sesi panas dan berkeringat saat berhubungan seksual baik untuk membakar kalori dalam tubuh. Apakah anggapan ini bisa dipercaya?

Dikutip dari laman Times of India, penelitian mengatakan bahwa berhubungan seksual memang bisa membantu membakar kalori. Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal PLOS ONE mengungkapkan jumlah kalori yang terbakar dengan aktivitas seksual yang intens.

Dikatakan bahwa pria bisa membakar sekitar 4,2 kalori per menit saat berhubungan seks dan wanita membakar rata-rata 3,1 kalori. Jumlah ini bisa sebanding dengan berjalan selama 30 menit.

Namun, penting untuk memahami bahwa dalam kehidupan nyata, seks berlangsung selama rata-rata 6 menit. Hal ini dapat menurunkan jumlah pembakaran kalori secara drastis. Sebuah penelitian berbeda yang diterbitkan dalam New England Journal of Medicine memperkirakan bahwa sebenarnya kalori yang terbakar sekitar 15 sampai 20 kalori dalam sesi bercinta.

Perlu diingat bahwa laju pembakaran kalori dari setiap orang memang berbeda-beda. Hal ini bergantung kepada faktor berat badan, detak jantung, hingga intensitas 'cardio seks'. Ini berarti jika kamu bertujuan untuk membakar kalori saat berhubungan seks, kamu mungkin ingin melakukan yang terbaik dengan membuatnya lebih panas dan intens.



Simak Video "Cedera Saat Olahraga? Begini Cara Tepat Menanganinya"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/naf)