Senin, 29 Jun 2020 19:30 WIB

5 Fakta Puting dan Payudara Wanita yang Perlu Kamu Tahu

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Eighteen plus, age limit, sign in neon style. Only for adults. Night bright neon sign, symbol 18 plus. Vector Illustration. 5 fakta puting dan payudara yang perlu kamu tahu. (Foto ilustrasi: iStock)
Jakarta -

Meskipun pria dan wanita sama-sama memiliki puting, nyatanya ada fungsi yang berbeda di antara keduanya. Jenis dan bentuk puting pun berbeda-beda.

Ada puting yang berbulu, timbul bintik-bintik putih, atau benjolan kecil di sekitar puting. Begitu juga dengan payudara, tidak semua bentuk payudara memiliki kesamaan.

Apakah tanda-tanda seperti itu menunjukkan bahaya? Benarkah jika payudara disentuh oleh lawan jenis akan tiba-tiba membesar?

Dikutip dari berbagai sumber, catat 5 fakta terkait puting dan payudara.

Mengapa puting wanita ada yang berambut?

Dikutip dari Healthline, tingkat androgen yang tinggi, seperti hormon testosteron (yang biasanya lebih banyak pada pria), dapat menyebabkan berbagai gejala, termasuk pertumbuhan rambut yang tidak biasa seperti misalnya pada puting.

Ada bintik-bintik di sekitar payudara, amankah?

Bagi para wanita, kanker payudara adalah momok yang mengerikan karena jika luput dideteksi bisa mengarah pada kematian. Gejalanya antara lain berupa munculnya benjolan di sekitar payudara. Lalu bagaimana jika di sekitar puting terdapat bintil-bintil? Apakah ini berbahaya?

"Kalau menemukan ada banyak tonjolan di sekitar puting susu, itu memang normal dan tidak perlu dikhawatirkan. Itu bukan pertanda kanker," kata dr Abraham Arimuko, Sp.KK, dokter spesialis kulit dan kelamin RSPAD Gatot Soebroto seperti ditulis, Rabu (9/1/2013).

Benarkah payudara yang disentuh lawan jenis akan membesar?

Tidak benar. Menyentuh atau memijat payudara tidak membuatnya tumbuh.

Meremas puting bisa memicu kanker payudara?

Meremas atau mencubit payudara maupun puting juga tidak akan menyebabkan kanker payudara. Meremas payudara atau puting memiliki kemungkinan menyebabkan memar dan bengkak pada payudara, yang bisa terasa nyeri saat disentuh.

Bagaimana caranya membesarkan payudara secara alami?

Membesarkan payudara secara alami bisa dengan banyak mengonsumsi makanan kaya kandungan estrogen. Seperti apel, minyak zaitun, jeruk, susu, kacang-kacangan.



Simak Video "Payudara Prostetik untuk Pengidap Kanker Payudara"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)