Sabtu, 04 Jul 2020 20:09 WIB

Penting! Ini 3 Manfaat Rutin Memijat Payudara Bagi Wanita

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Asian woman having massage and spa salon Beauty treatment concept. Pijat diketahui punya banyak manfaat bagi kesehatan. (Foto: Dok. iStock)
Jakarta -

Payudara merupakan salah satu area sensitif bagi wanita. Karena itu, menjaga kesehatan payudara sangatlah penting.

Salah satu cara menjaga kesehatan payudara adalah dengan cara memijatnya. Bahkan, dengan memijat payudara selama 15 menit saja sudah memiliki banyak manfaat.

Dirangkum detikcom dari berbagai sumber, berikut 3 manfaat memijat payudara bagi wanita.

1. Menghilangkan nyeri dan meningkatkan kualitas ASI

Begitu banyak penelitian yang menunjukkan bahwa pijat payudara memberikan manfaat bagi ibu menyusui.

Sebagai contoh, terdapat sebuah studi yang mengatakan bahwa wanita yang rutin memijat payudaranya selama 30 menit setelah melahirkan lebih mungkin terhindar dari nyeri payudara saat menyusui.

Tak hanya itu, sebuah studi lain di tahun 2004 juga menemukan, rutin memijat payudara dapat meningkatkan kualitas air susu ibu (ASI).

2. Mendeteksi kanker payudara

Sebuah penelitian melaporkan, sekitar 25 persen wanita berhasil mendeteksi kanker payudaranya sendiri melalui pijatan.

Kanker payudara dapat diidentifikasi melalui benjolan atau terdapat jaringan yang menebal di payudara, sehingga mengubah ukuran maupun bentuk payudara.

Karena itu, penting bagi wanita untuk mendeteksi dini kanker payudara dimulai dari cara yang paling mudah, yaitu dengan memijatnya.

3. Menghilangkan racun tubuh

Pijat payudara dapat menghilangkan racun dari sistem limfatik tubuh. Sistem limfatik merupakan jaringan pembuluh darah yang berfungsi untuk menyaring sisa cairan berlebih dan mengeluarkan racun dalam tubuh.

Karena itu, memijat payudara dapat merangsang sistem limfatik agar bekerja dengan baik dan terhindar dari risiko kerusakan.



Simak Video "Payudara Prostetik untuk Pengidap Kanker Payudara"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)