Senin, 13 Jul 2020 19:30 WIB

Sperma Cair? Kenali 3 Penyebab dan Cara Mencegahnya

Defara Millenia Romadhona - detikHealth
ilustrasi sperma Ilustrasi sperma. (Foto: iStock)
Jakarta -

Sperma cair mungkin sempat dialami beberapa pria, khususnya jika kondisi sperma pria sedang tidak sehat. Ada beberapa penyebab yang membuat sperma cair termasuk gaya hidup yang tidak sehat.

Sperma cair juga dikaitkan dengan jumlah sperma yang rendah. Adapula kemungkinan sperma cair bisa disebabkan karena infeksi pada organ reproduksi.

Berikut tiga kemungkinan penyebab sperma cair, dikutip dari Medical News Today.

1. Jumlah sperma sedikit

Penyebab sperma cair paling umum adalah jumlah sperma yang rendah. Kondisi ini juga dikenal sebagai oligospermia. Jika jumlah sperma rendah, artinya air mani memiliki lebih sedikit sperma dari biasanya.

Jumlah sperma kurang dari 15 juta sperma per mililiter disebut di bawah normal. Beberapa penyebab oligospermia atau kondisi jumlah sperma sedikit salah satunya adalah varikokel. Varikokel merupakan kondisi di mana pembengkakkan pembuluh darah terjadi dari testis di skrotum.

2. Infeksi

Penyebab lain sperma cair adalah infeksi pada area organ reproduksi. Termasuk penyakit menular seksual seperti gonore atau infeksi jenis lain yang menyebabkan peradangan pada organ reproduksi, seperti epididimitis.

3. Gaya hidup tertentu

Penyebab lain dari sperma cair atau jumlah sperma yang rendah adalah gaya hidup yang buruk. Seperti penggunaan obat-obatan berlebihan, terlalu sering mengonsumsi alkohol, dan kelebihan berat badan.

4. Terkait ejakulasi

Sperma cair juga bisa disebabkan karena terlalu sering ejakulasi. Jika kamu cukup aktif saat berhubungan seksual atau sering melakukan masturbasi, hal ini bisa menyebabkan sperma cair.

Lalu bagaimana cara mencegah sperma cair?

1. Ubah gaya hidup menjadi lebih sehat

Dikutip dari Healthline, cara mencegah sperma cair dengan efektif salah satunya mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat. Gaya hidup yang sehat bisa meningkatkan jumlah sperma dan menubah kualitas sperma menjadi lebih baik.

- Berhenti merokok
- Turunkan berat badan
- Mengurangi konsumsi alkohol
- Rutin berolahraga
- Mengurangi stres
- Tidur yang cukup

2. Perhatikan berapa sering ejakulasi

Jika kamu mengalami ejakulasi lebih dari dua kali selama sehari, kemungkinan sperma yang keluar menjadi cair dan tidak sekental sebelumnya.

3. Perhatikan celana dalam

Celana dalam juga perlu diperhatikan karena produksi sperma dapat terganggu akibat kelembapan buah zakar pria.



Simak Video "Penjelasan Ahli Soal Dugaan Ekshibisionisme Pelaku Pelempar Sperma"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/naf)