Kamis, 03 Sep 2020 19:32 WIB

5 Hal yang Bisa Bikin Puting Wanita Mengeras

Elsa Himawan - detikHealth
Fashion portrait of young elegant woman in bed 5 hal yang bisa membuat puting wanita menjadi mengeras. (Foto: iStock)
Jakarta -

Studi yang dipublikasi dalam jurnal Nature Neuroscience 2016 menjelaskan kerasnya puting atau disebut juga nipple erection (ereksi puting) bisa terjadi secara acak. Hal ini karena saraf yang terlibat menyebabkan puting payudara mengeras adalah sistem saraf otonom yang berada di luar kendali kesadaran.

Namun demikian, ada beberapa hal yang diketahui bisa memicu hal ini. Berikut penyebab puting bisa mengeras, seperti dikutip dari berbagai sumber:

1. Olahraga

Olahraga dapat menyebabkan gesekan antara pakaian dengan puting. Ditambah kombinasi respons fisik yang lebih sensitif karena peningkatan detak jantung dan aliran darah saat olahraga, maka puting bisa saja jadi mengeras.

2. Alergi

Puting susu adalah salah satu bagian tubuh yang paling sensitif dan bereaksi berbeda terhadap rangsangan. Kepekaan terhadap perubahan cuaca, kandungan sabun, dan deterjen pakaian juga bisa menyebabkan alergi. Akibatnya, puting menjadi gatal, kemerahan, dan mengeras.

3. Aktivitas seksual

Hormon seksual dapat berpotensi untuk membuat puting menjadi keras seketika. Menurut Heather Irobunda, MD, seorang dokter kandungan yang berbasis di Queens, NY, puting adalah zona sensitif yang bisa dirangsang saat bercinta.

Gairah dari rangsangan fisik atau rangsangan psikologis, misalnya berfantasi tentang sesuatu, dapat memicu bagian-bagian tertentu dari otak yang menyebabkan otot-otot di puting menjadi ereksi. Mirip dengan efek perasaan yang timbul pada alat kelamin.

"Faktanya, ada penelitian menemukan bahwa stimulasi puting pada wanita mengaktifkan bagian otak yang sama dengan stimulasi klitoris, vagina, dan leher rahim. Sama seperti halnya dengan klitoris atau penis, puting juga terdiri dari jaringan yang bisa ereksi, sejenis jaringan yang menerima banyak aliran darah", kata dr Irobunda.

4. Menyusui

Menyusui dapat menyebabkan kondisi seperti mastitis yang relatif umum. Gejalanya berupa puting lecet, pecah-pecah, meradang, dan mengeras. Siapapun yang mengalami kondisi ini sebaiknya berkonsultasi pada dokter agar diberikan pengobatan.

5. Kehamilan

Mengerasnya puting payudara kerap dirasakan oleh wanita hamil. Hal ini terjadi karena ada perubahan tingkat hormon estrogen andprogesteron. Biasanya, pengalaman ini terjadi pada trimester pertama, meskipun juga dialami saat trimester ketiga.



Simak Video "Payudara Prostetik untuk Pengidap Kanker Payudara"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)