Sabtu, 10 Okt 2020 20:00 WIB

Waspada! 7 Kebiasaan Sehari-hari Ini Bisa Bikin Mandul

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Shocked young girl with unwanted pregnancy looking the test in the bedroom Kebiasaan buruk sehari-hari yang bisa bikin mandul. (Foto ilustrasi: iStock)
Jakarta -

Sepasang suami dan istri pasti ingin sekali cepat memiliki momongan. Tetapi, hal ini sering terhalang karena adanya masalah kesuburan pada pria maupun wanita.

Ketidaksuburan atau kemandulan, bisa disebut juga infertilitas dapat terjadi karena berbagai sebab. Bahkan penyebabnya seringkali berasal dari kebiasaan sederhana sehari-hari yang ternyata kurang sehat dan tidak disadari.

Berikut beberapa kebiasaan sehari-hari yang bisa memicu kemandulan yang detikcom rangkum dari berbagai sumber.

1. Begadang dan kurang tidur

Tidur adalah salah satu kebutuhan yang penting bagi manusia, terutama untuk menjaga kesehatan tubuh dan juga reproduksinya. Dikutip dari Verywell Family, beberapa penelitian mengatakan bahwa adanya hubungan antara kurang tidur dan menstruasi yang tidak teratur.

Menstruasi tidak teratur ini juga bisa menjadi salah satu gejala dari infertilitas atau kemandulan.

Tak hanya itu, kebiasaan begadang juga berkaitan dengan obesitas yang bisa menyebabkan masalah ovulasi pada wanita dan membuat sperma pria kurang sehat.

Berdasarkan sebuah penelitian dalam jurnal Medical Science Monitor pada 2017, mengatakan bahwa pria akan menghasilkan sperma yang buruk jika tidur kurang dari enam jam.

Dikutip dari NDTV, adapun penelitian lain yang mengungkapkan pria yang jam tidurnya sedikit juga akan menghasilkan sperma yang lebih sedikit dari jumlah normal.

2. Berlebihan dalam mengkonsumsi kafein

Siapa yang tak suka kopi? Pasti hampir semua kalangan menyukainya, terlebih dengan rasa yang lebih beragam. Tapi, minuman enak ini jika dikonsumsi berlebihan bisa menyebabkan kemandulan.

Beberapa penelitian mengungkapkan, jika mengkonsumsi kafein lebih dari 300 mg dalam sehari, bisa mengurangi kesuburan dan meningkatkan risiko keguguran.

Perlu diketahui, kafein ini ternyata tidak hanya ada pada kopi. Tapi bisa juga dari teh, soda berkafein, sampai minuman berenergi.

3. Merokok

Masalah reproduksi juga bisa disebabkan karena kebiasaan merokok. Meski tidak langsung menyebabkan kemandulan, organ reproduksi kamu bisa bermasalah karena kebiasaan ini.

Merokok juga bisa mempengaruhi kesuburan pria maupun wanita meski tidak secara langsung.

4. Stres

Ternyata stres juga bisa mempengaruhi kesehatan reproduksi. Hal ini bisa mengganggu siklus ovulasi pada perempuan dan menurunkan kualitas serta kuantitas sperma pria.

Bahkan stres ini juga bisa mengganggu libido hingga mengurangi hasrat seksual lho.

5. Konsumsi junk food berlebihan

Seperti yang diketahui, obesitas sangat berkaitan dengan kesuburan pria maupun wanita. Obesitas ini bisa juga diakibatkan karena konsumsi junk food yang berlebihan.

Selain itu, kandungan asam lemak trans yang tinggi pada junk food bisa menurunkan jumlah sperma secara drastis. Jenis makanan ini juga bisa menyebabkan peningkatan gula darah yang tidak baik untuk kesuburan.

6. Kurang atau kelebihan berolahraga

Olahraga memang sangat baik untuk kesehatan tubuh, tapi harus dilakukan sesuai batasnya ya. Saat kamu jarang berolahraga, bisa sangat berpengaruh pada kondisi organ reproduksi, karena berkaitan erat dengan obesitas.

Namun, olahraga berlebihan juga tidak baik lho. Jika berolahraga dengan intensitas berat lebih dari satu jam sehari atau 7 jam dalam seminggu, bisa mengganggu kesuburan pria maupun wanita.

7. Seks yang tidak sehat

Jika kamu termasuk orang yang suka gonta-ganti pasangan saat bercinta, bisa jadi kesuburan kamu dalam masalah. Seks yang tidak sehat sangat erat hubungannya dengan penyakit menular seksual (PMS), yang menjadi penyebab utama kemandulan yang bisa dicegah.

Saat terjadi infeksi pada organ reproduksi karena PMS ini, bisa menyebabkan saluran tuba pada wanita tersumbat. Bahkan beberapa jenis PMS juga bisa menyebabkan keguguran dan membahayakan janin yang ada di dalam kandungan.



Simak Video "Sering Diremehkan, Gondongan Bisa Berakibat Mandul pada Pria"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/naf)