Senin, 12 Okt 2020 20:54 WIB

4 Gangguan Kesehatan yang Risikonya Bisa Ditangkal dengan Rutin Bercinta

Elsa Himawan - detikHealth
Eighteen plus, age limit, sign in neon style. Only for adults. Night bright neon sign, symbol 18 plus. Vector Illustration. Seks memberikan banyak manfaat bagi kesehatan (Foto: iStock)
Jakarta -

Berhubungan seks tidak hanya memberikan kenikmatan sesaat. Dalam jangka panjang, kehidupan seksual yang sehat ternyata berdampak juga pada kesehatan secara umum.

Secara fisik, bercinta tak ubahnya seperti olahraga. Ada pembakaran kalori dan latihan yang cukup intens untuk memperbaiki sistem metabolisme tubuh.

Dikutip dari Healthline, berikut 4 manfaat rutin bercinta.

1. Sakit kepala

Saat melakukan seks, tubuh akan melepaskan hormon oksitosin. Hormon ini dapat menghilangkan rasa sakit. Oleh karena itu, kenikmatan dari seks sangat mengurangi sakit kepala, seperti migrain.

2. Pilek dan batuk

Menurut penelitian di Wilkes University menunjukkan seorang yang berhubungan seks beberapa kali selama seminggu cenderung memiliki jumlah antibodi imunoglobulin A (IgA) yang jauh lebih tinggi daripada mereka yang berhubungan seks kurang dari sekali seminggu. IgA adalah antibodi yang berfungsi untuk melawan virus pilek dan batuk.

3. Mengurangi sakit kandung kemih

Dorongan panggul yang dilakukan saat berhubungan seks dapat melatih otot-otot panggul. Otot panggul berfungsi untuk mengontrol aliran urine. Jadi, berhubungan seks dapat menurunkan risiko sakit kandung kemih.

4. Menurunkan risiko sakit jantung

Sebuah penelitian di New England Research Institute menunjukkan bahwa aktivitas seksual secara teratur dapat menurunkan serangan jantung, stroke, dan penyakit jantung lainnya.



Simak Video "Dokter Boyke Sayangkan Kurangnya Pendidikan Seks untuk Milenial"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)