Kamis, 15 Okt 2020 21:07 WIB

Perlu Tahu, Macam-macam Bau Sperma yang Menandakan Ada Penyakit

Elsa Himawan - detikHealth
Stinky Feet. Disgusted Girlfriend Pinching Nose Lying Near Boyfriends Smelly Legs In Bed In Bedroom. Selective Focus Bau sperma yang tidak normal bisa menandakan masalah kesehatan (Foto: Getty Images/iStockphoto/Prostock-Studio)
Jakarta -

Normalnya, sperma memiliki bau mirip klorin. Namun ada banyak faktor yang mempengaruhi variasi baunya, termasuk kondisi kesehatan.

Ketika kondisi tubuh sedang tidak sehat, bau sperma cenderung berubah. Perubahan yang terjadi bisa memperkirakan ada masalah apa dengan kesehatan seorang pria.

Contohnya bau amis, yang normalnya tidak tercium pada sperma. Jika bau ini tercium, maka kemungkinan ada infeksi yang terjadi di sekitar organ intim para pria.

Dikutip dari laman Medical News Today, berikut macam-macam bau sperma yang tak sehat:

1. Bau menyengat

Sperma juga bisa berbau sangat menyengat. Hal ini bisa disebabkan karena bakteri dan kuman yang ada di sekitar penis.

Jika sperma berbau busuk dan menyengat ini makin memburuk, itu bisa menjadi tanda dari infeksi atau penyakit menular seksual.

2. Beraroma manis

Normalnya, sperma bisa memiliki bau yang sedikit manis. Tetapi, jika bau itu sangat manis bisa menjadi tanda-tanda dini dari penyakit diabetes.

Sebuah studi menunjukkan, pria yang mengidap diabetes mungkin memiliki lebih banyak gula di dalam sperma mereka. Inilah yang menghasilkan bau yang lebih manis dari biasanya.

3. Berbau amis

Sperma juga seringkali berbau amis, dan hal ini perlu diwaspadai. Sebab, ini bisa menjadi tanda adanya infeksi menular seksual.



Simak Video "Penjelasan Ahli Soal Dugaan Ekshibisionisme Pelaku Pelempar Sperma"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)