Selasa, 03 Nov 2020 21:00 WIB

5 Penyebab Sakit Perut Sehabis Bercinta: Salah Posisi hingga Risiko Infeksi

Kanya Anindita - detikHealth
ilustrasi pasangan Sakit perut sehabis bercinta (Foto: thinkstock)
Jakarta -

Beberapa orang kerap mengeluhkan nyeri perut setelah berhubungan seks. Menurut Mary Jane Minkin, M.D., seorang dokter kandungan di Rumah Sakit Yale New Haven, rasa sakit yang muncul disebabkan karena berhubungan seks cenderung ke arah vagina daripada ke perut.

Dikutip dari Insider, beberapa penyebab nyeri perut akibat berhubungan seks dan cara mengatasinya:

1. Posisi saat berhubungan seks

Bisa jadi nyeri muncul akibat salah posisi dalam berhubungan seks. Solusi yang dapat dilakukan dengan meminum obat pereda nyeri seperti motrin atau tylenol dan dikonsumsi dua jam sebelum berhubungan seks bagi wanita. Selain itu bisa mencoba posisi lain dengan berdiskusi bersama pasangan.

2. Terkena penyakit endometriosis

Penyakit ini terjadi ketika lapisan rahim tumbuh di luar rahim. Gejala yang sering muncul adalah rasa nyeri selama dan setelah berhubungan seks. Cara untuk mengobatinya adalah berkonsultasi dengan dokter karena ditakutkan sudah semakin parah atau terjadi pendarahan di dalamnya.

3. Terjangkit kanker ovarium (kista)

Beberapa wanita yang terkena penyakit tersebut berhasil sembuh setelah pengobatan, namun ada juga yang justru tumbuh dan menimbulkan rasa nyeri. Dengan melakukan USG, dokter akan membantu mendiagnosis masalahnya dan memerlukan laparoskopi untuk mengangkat kista.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Apakah Rekam Video Seks Diri Sendiri Termasuk Gangguan Jiwa?"
[Gambas:Video 20detik]