Rabu, 11 Nov 2020 05:15 WIB

4 Fakta Ereksi di Pagi Hari

Thalitha Yuristiana - detikHealth
Ripe yellow banana splashing into clear water, black background 4 Fakta ereksi di pagi hari (Foto: Prostock-Studio)
Jakarta -

Banyak pria yang mengalami morning wood atau kondisi penis ereksi setiap bangun tidur pada pagi hari. Tak perlu khawatir karena hal ini normal bagi pria yang sehat. Dalam istilah medis, kondisi ini dikenal dengan nama Nocturnal Penile Tunescence (NPT).

Namun, masih banyak pria yang salah kaprah terhadap kondisi ini. Pada umumnya, pria menganggap bahwa penis yang ereksi setiap pagi terjadi karena adanya rangsangan seksual. Kenyataannya tak selalu begitu.

Dikutip dari Healthline, hal ini yang harus diketahui tentang morning wood.

1. Stimulasi fisik

Pada saat tertidur, tubuh sangat menyadari apa yang terjadi di sekitar meski mata masih tertutup. Jika seseorang tidak sengaja menyentuh alat kelamin, maka ereksi pun dapat terjadi. Namun tak semua morning wood terjadi karena adanya rangsangan fisik sebelumnya.

2. Peningkatan hormon

Menurut penelitian, tingkat testosteron pria berada paling tinggi ketika pagi hari setelah bangun tidur. Peningkatan hormon ini dapat menyebabkan ereksi tanpa harus didahului oleh rangsangan seksual.

Untuk itulah, ereksi di pagi hari bisa jadi bukti bahwa organ reproduksi sehat karena organ reproduksi masih mampu untuk memproduksi hormon testosteron dan saraf pada penis tidak mengalami kerusakan. Seiring bertambahnya usia pria, biasanya ketika usia 40 dan 50 tahun, kadar testosteron alami mulai turun. Saat tingkat ini menurun, maka kemungkinan mengalami morning wood lebih sedikit.

3. Relaksasi otak

Selama jam bangun, tubuh melepaskan hormon yang mengakibatkan ereksi. Menurut penelitian, hal ini akan membuat otak lebih rileks.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Tahukah Kamu Laki-laki Juga Punya Masa Subur?"
[Gambas:Video 20detik]