Kamis, 12 Nov 2020 23:00 WIB

Performa Bercinta Tidak Maksimal? Itu Tandanya Kurang Tidur

Kanya Anindita - detikHealth
Close up of a young woman  fall asleep next to smart phone Kurang tidur berpengaruh ke performa bercinta (Foto: iStock)
Jakarta -

Percaya atau tidak, tidur yang cukup dapat meningkatkan gairah seksual. Pasutri yang menambahkan jam tidur dari biasanya dapat terangsang untuk berhubungan seks di esok hari.

Michael Grandner, PhD, direktur Program Penelitian Tidur dan Kesehatan di Universitas Arizona, mengatakan, kondisi tidur yang nyenyak juga menambah energi serta membuat pikiran lebih fokus. Kurang tidur dapat membuat tubuh cepat lelah sehingga tidak siap untuk berhubungan intim dan terus-terusan menunda waktu dengan pasangan.

Dikutip dari Insider, berikut 3 manfaat tidur bagi hubungan seks:

1. Dapat mengurangi stres

Stres adalah salah satu pemicu sulit tidur di malam hari dan berakibat pada kondisi tubuh keesokan harinya. Stres juga dapat membunuh libido sehingga menurunkan gairah seks.

Untuk itu, tidur yang baik dapat meningkatkan suasana hati dan melawan stres agar tubuh lebih rileks dan siap untuk berhubungan intim. Tidur juga dapat meningkatkan kesehatan kulit sehingga tubuh terlihat lebih segar.

2. Mengatur kerja hormon

Tidur yang baik dapat menjaga keseimbangan hormon, serta mengatur kerja testosteron untuk mendorong keinginan seks pada pria dan hormon estrogen untuk wanita. Kurang tidur dapat menurunkan kadar kedua hormon tersebut sehingga gairah seks sulit muncul.

3. Menambah energi dan fokus

Seks yang baik berarti fokus pada fisik dan perasaan pasangan sehingga dapat menikmati kesenangan dan muncul orgasme. Hal itu dapat terjadi apabila kondisi tubuh sedang stabil dan berenergi. Jika Anda merasa lelah saat berhubungan seks atau kurang mencapai klimaks, berarti tidur Anda masih kurang cukup.



Simak Video "Apakah Rekam Video Seks Diri Sendiri Termasuk Gangguan Jiwa?"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)