Senin, 16 Nov 2020 20:24 WIB

Perlu Tahu, Penyebab dan Cara Mengatasi Disfungsi Seksual pada Wanita

Kanya Anindita - detikHealth
ilustrasi pasangan Berbagai penyebab disfungsi seksual (Foto: thinkstock)
Jakarta -

Disfungsi seksual dapat mencegah kepuasan saat hubungan seks bagi seorang individu atau pasangan. Hal ini lebih sering terjadi pada wanita, dibandingkan pria. Gangguan seksual juga menyebabkan tidak munculnya hasrat untuk berhubungan intim.

Bagi wanita, ketidakmampuan untuk terangsang secara fisik selama hubungan seks sering kali disebabkan oleh lubrikasi vagina yang tidak mencukupi. Bisa juga wanita mengalami vaginismus dimana kejang otot yang menyakitkan di sekitar vagina sehingga mereka tidak merasakan orgasme.

Dikutip dari Insider, berikut 2 penyebab gangguan seks pada wanita:

1. Penyebab fisik

Banyak kondisi fisik yang dapat menyebabkan masalah pada fungsi seksual. Kondisi ini berupa diabetes, penyakit jantung, penyakit saraf, ketidakseimbangan hormon, dan monopause. Selain itu, efek samping dari penggunaan obat-obatan juga memengaruhi hasrat seksual.

Operasi pengangkatan rahim (histerektomi) serta menopause pada wanita juga dapat memengaruhi fungsi organ seks. Pada histerektomi terjadi penurunan lubrikasi vagina dan perubahan hormon, sedangkan menopause memengaruhi emosional sehingga hilangnya minat untuk berhubungan intim.

2. Penyebab psikologis

Stres dan khawatir dapat menyebabkan disfungsi seksual pada wanita. Selain itu, masalah perkawinan dan trauma seksual yang tidak dikomunikasikan dengan pasangan juga dapat penyebab lain.

Bagaimana mengatasinya? Klik halaman berikut.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Sudah Direhab Masih Terjerumus Narkoba, Ini Kata Psikolog"
[Gambas:Video 20detik]