Minggu, 29 Nov 2020 19:21 WIB

Buah Zakar Terasa Nyeri? Kenali 6 Kemungkinan Penyebabnya

Farah Nabila - detikHealth
man with big balls sitting on the black chair. Foto ilustrasi (Foto: ilustrasi/thinkstock)
Jakarta -

Testis atau buah zakar merupakan bagian penting dalam organ reproduksi dan seks pria. Sama seperti bagian tubuh lainnya, testis dapat terasa sakit dan nyeri. Kondisi testis nyeri dapat menjadi tanda penyakit tertentu yang perlu segera diobati.

Terkadang, nyeri testis bisa menjadi keadaan medis darurat. Penyebab nyeri pada testis bisa beragam, mulai dari infeksi, luka ringan sampai penyakit tumor.

Dikutip dari Medical News Today, berikut beberapa penyebab testis nyeri yang bisa menjadi tanda penyakit tertentu.

1. Epididimitis

Epididimitis adalah infeksi pada epididimis yang merupakan organ tempat pematangan sperma sebelum keluar dari tubuh. Penyakit ini menunjukkan gejala seperti:

- Rasa sakit yang berangsur-angsur meningkat
- Skrotum yang terasa panas saat disentuh
- Pembengkakan

Infeksi menular seksual, seperti klamidia dan gonore, dapat menyebabkan epididimitis. Selain itu ISK (infeksi saluran kemih) juga dapat menyebabkan epididimitis. Dokter akan memberikan antibiotik sebagai penanganannya.

2. Hernia

Hernia terjadi ketika jaringan lunak mendorong bagian otot perut yang lemah. Adapun jenis lainnya yaitu hernia inguinalis, yaitu hernia yang dapat mendorong ke dalam skrotum sehingga menyebabkan nyeri dan bengkak pada testis.

Dokter dapat mengurangi atau mendorong hernia inguinalis kembali ke tempatnya. Jika hal ini tidak efektif, mereka bisa memperbaiki hernia dengan operasi.

3. Batu ginjal

Batu ginjal bisa menyebabkan nyeri yang menjalar ke testis. Dokter mungkin menyarankan menunggu batu ginjal keluar. Namun, jika batu tidak keluar setelah beberapa waktu atau seseorang mulai mengalami gejala infeksi, seperti demam atau keluarnya cairan, mereka harus mencari pengobatan sesegera mungkin.

Selain testis nyeri, gejala lain batu ginjal meliputi:

- Ada darah dalam urine
- Terasa terbakar saat buang air kecil
- Mual
- Nyeri di bagian atas penis
- Kram dari punggung ke selangkangan
- Sering kencing
- Muntah

Penanganan untuk batu ginjal dapat berupa operasi untuk mengangkat batu atau lithotripsy gelombang kejut, yang mengirimkan gelombang kejut untuk memecah batu.

4. Orchitis

Orchitis adalah infeksi dan peradangan pada testis. Epididimitis yang tidak diobati dapat menjadi penyebab orchitis.

Jika penyakit ini muncul maka harus segera mencari pengobatan. Terkadang rasa sakit bisa sangat parah sehingga mirip dengan torsio testis, yang merupakan keadaan medis darurat.

Penyakit ini menunjukkan gejala seperti:

- Kelelahan
- Demam
- Mual
- Nyeri pada testis
- Bengkak di salah satu atau kedua testis
- Muntah

Penanganan orchitis tergantung pada penyebab yang mendasari penyakit tersebut. Dokter dapat meresepkan antibiotik untuk infeksi bakteri. Ketika virus yang menyebabkan orkitis, dokter dapat merekomendasikan pengobatan pendukung, seperti pereda nyeri yang dijual bebas, istirahat, dan mengangkat skrotum.

5. Torsi testis

Torsi testis adalah kondisi medis serius yang terjadi saat testis terpelintir. Biasanya, torsio testis lebih sering terjadi pada pria muda yang berusia di bawah 25 tahun.

Gejala yang dikaitkan dengan torsio testis meliputi:

- Mual
- Kemerahan atau penggelapan pada skrotum
- Nyeri parah yang terjadi secara tiba-tiba di satu sisi skrotum
- Bengkak di skrotum
- Muntah

Nyeri akibat torsio testis tidak selalu datang tiba-tiba. Beberapa orang dengan kondisi ini mengalami rasa sakit yang perlahan memburuk selama beberapa hari.

Penanganan penyakit ini dapat berupa operasi untuk memperbaiki testis terpelintir. Dalam kasus yang jarang terjadi, jika ahli bedah tidak dapat memperbaiki torsi, mereka dapat mengangkat testis.

6. Tumor testis

Tumor testis dapat menyebabkan nyeri dan bengkak di area testis. Penyakit ini dapat menunjukkan gejala seperti:

- Pangkal paha terasa nyeri
- Ada benjolan di testis
- Testis bengkak

Gejala tumor testis dapat menyerupai beberapa kondisi lain yang menyerang pria, seperti hernia inguinalis dan epididimitis.



Simak Video "Selain Bikin Tak Bisa Ereksi, Kebiri Kimia Juga Ancam Nyawa Predator Seksual"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)