Rabu, 02 Des 2020 21:40 WIB

7 Penyebab Wanita Sulit 'Happy Ending' Saat Bercinta

Farah Nabila - detikHealth
Pasangan yang memiliki masalah ranjang. Bercinta tak selalu 'happy ending' kenapa ya? (Foto: Thinkstock)
Jakarta -

Meski digambarkan menyenangkan, nyatanya orgasme tidak mudah didapatkan bagi wanita. Tidak sedikit wanita yang mengalami kesulitan mencapai orgasme. Apa penyebabnya?

Orgasme adalah momen klimaks dan puncak yang menjadi tujuan pada hubungan seks. Kondisi ini dipengaruhi oleh beberapa faktor, mulai dari faktor fisik, emosional dan psikologis. Banyak wanita yang tidak dapat dengan mudah mencapai orgasme, hal ini dapat merusak kehidupan seks mereka.

Dikutip dari Independent, berikut berbagai faktor penyebab wanita sulit orgasme.

1. Asupan alkohol dan rokok

Terlalu banyak alkohol dan merokok dapat mempengaruhi aliran darah ke klitoris pada area organ intim kewanitaan. Klitoris bagian yang paling sensitif dari tubuh wanita untuk merespons rangsangan seksual.

"Jadi jika Anda kesulitan mencapai orgasme, pikirkan tentang seberapa banyak minum alkohol atau merokok yang terkait dengan tingkat keparahan gejala," ujar ahli ginekologi, Shree Datta.

2. Masalah komunikasi

Komunikasi merupakan bagian penting dalam hubungan seksual. Mampu memberi tahu pasangan tentang apa yang Anda inginkan dan bagian-bagian tubuh yang responsif terhadap rangsangan seksual merupakan bagian penting dalam mencapai orgasme.

"Pasangan Anda bukanlah pembaca pikiran, dan jika Anda tidak dapat memberi tahu mereka, mereka belum tentu tahu," ujar terapis psikoseksual, Kate Moyle.

Moyle mengatakan untuk memberi arahan spesifik tentang apa yang harus dilakukan pasangan demi memuaskan hasrat seksual Anda.

3. Kurang percaya diri

Kurang percaya diri terhadap tubuh sendiri dapat berdampak buruk dalam kehidupan seks. Rasa percaya diri dapat menghambat kemampuan dalam berhubungan seks.

Moyle mengatakan pikiran negatif dapat mencegah kita melepaskan dan membiarkan sensasi fisik untuk menjadi fokus dalam berhubungan seks.

4. Kondisi medis tertentu

Ada sejumlah kondisi medis yang dapat membuat wanita sulit atau tidak mungkin orgasme. Datta mengatakan salah satunya multiple sclerosis dapat mempengaruhi kemampuan untuk mencapai klimaks.

"Pastikan Anda mencari pengobatan lebih awal untuk mengalami kondisi medis yang dialami," ujar Datta.

Selain itu, pengobatan tertentu dapat menghambat kemampuan wanita untuk orgasme. Obat-obatan yang dapat mempengaruhi di antaranya antidepresan dan antihistamin. Jadi pastikan untuk meninjau jenis dan dosis obat yang dikonsumsi secara teratur.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Apakah Rekam Video Seks Diri Sendiri Termasuk Gangguan Jiwa?"
[Gambas:Video 20detik]