Selasa, 15 Des 2020 18:36 WIB

Tak Melulu Buruk, Ini 7 Manfaat Masturbasi yang Tak Banyak Orang Tahu

Farah Nabila - detikHealth
ilustrasi masturbasi Beragam manfaat dari masturbasi. (Foto: ilustrasi/thinkstock)
Jakarta -

Masturbasi merupakan cara alami untuk mengeksplorasi tubuh dan melepaskan ketegangan seksual. Ternyata, masturbasi memiliki banyak manfaat kesehatan yang masih jarang diketahui.

Masturbasi merupakan tindakan yang normal dan menyehatkan. Tak hanya memberikan kesenangan, masturbasi memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Meski begitu, masturbasi harus dilakukan dalam jumlah yang proposional, jika dilakukan secara berlebihan dapat berdampak buruk bagi kehidupan Anda. Dikutip dari MindBodyGreen, berikut beberapa manfaat kesehatan yang bisa didapatkan dari masturbasi.

1. Meredakan rasa nyeri

Saat mengalami sakit kepala atau nyeri yang disebabkan olahraga berlebih, cobalah untuk melakukan masturbasi. Hal ini akan membantu meredakan rasa nyeri pada tubuh.

"Masturbasi memiliki manfaat penghilang rasa sakit karena orgasme melepaskan dopamin, serotonin, dan oksitosin, hormon dan neurotransmiter tubuh yang membuat merasa baik," jelas dr Shweta Pai, urogynecologist dari Love Wellness.

Faktanya, satu studi klasik oleh seksolog terkenal Beverly Whipple, PhD, menemukan bahwa stimulasi vagina sebenarnya dapat meningkatkan ambang toleransi rasa sakit seseorang lebih dari 40 persen.

2. Menghilangkan stres

Kesenangan yang didapatkan saat mengalami orgasme dapat menghilangkan rasa stres. Kenikmatan seksual saat masturbasi memaksa reaksi tubuh terhadap kesenangan.

Satu studi yang diterbitkan dalam Journal of Sexual Medicine menemukan bahwa orgasme melepaskan oksitosin, yang menghasilkan penurunan kadar kortisol dalam tubuh. Ketika kadar kortisol menurun, perasaan stres juga akan menurun.

3. Meredakan kram menstruasi

Kram menstruasi bisa sangat menyakitkan dan mengganggu aktivitas sehari-hari. Namun masturbasi dapat mengurangi rasa nyeri tersebut.
Hormon yang keluar saat masturbasi seperti dopamin, oksitosin dan serotonin melawan rasa sakit akibat kram menstruasi. Tentunya, hal ini dapat mengurangi rasa nyeri pada kram menstruasi.

4. Meningkatkan kualitas tidur

Melakukan masturbasi dan mengalami orgasme sebelum tidur akan membuat Anda tidur lebih cepat. Saat mengalami orgasme, ada pelepasan hormon oksitosin yang telah terbukti meningkatkan kualitas tidur.

Sebuah studi tahun 2019 menemukan lebih dari setengah orang yang melakukan masturbasi sebelum tidur dan mengalami orgasme dilaporkan memiliki kualitas tidur yang lebih baik.

5. Meningkatkan kesehatan kulit

Melakukan masturbasi secara teratur dapat meningkatkan kesehatan kulit. Satu studi dalam Journal of Sexual Medicine menemukan bahwa orgasme meningkatkan kadar estrogen dalam tubuh, yang diketahui membantu membuat kulit dan rambut tampak lebih sehat.

"Masturbasi mengurangi tingkat stres, yang dapat mengurangi beberapa stres tubuh seperti produksi keringat dan jerawat yang berlebihan, " ujar Pai.

6. Mengurangi risiko kanker prostat

Masturbasi memiliki manfaat untuk meningkatkan kesehatan prostat. Ejakulasi yang dilakukan secara teratur dapat mengurangi risiko terkena kanker prostat.

"Penelitian tentang topik tersebut menemukan bahwa dibandingkan dengan pria yang mengalami ejakulasi empat hingga tujuh kali per bulan, pria yang mengalami ejakulasi 21 kali atau lebih dalam sebulan menikmati sekitar 31 persen risiko lebih rendah terkena kanker prostat," ujar Holly Richmond, PhD, psikolog somatik dan terapis seks.

7. Lebih lama di ranjang

Pada pria, masturbasi sebelum hubungan seks dengan pasangan dapat membantu pria bertahan lebih lama dengan pasangan karena pria membutuhkan waktu lebih lama untuk melakukan masturbasi untuk kedua kalinya. Tentu saja, ini bukan jaminan karena reaksi tubuh setiap orang berbeda.



Simak Video "Aman Nggak Kalau Masturbasi Keseringan?"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/naf)