Rabu, 03 Feb 2021 19:32 WIB

Apakah Menelan Sperma Bisa Bikin Hamil? Ini Penjelasan Ahli

Firdaus Anwar - detikHealth
ilustrasi sperma Menelan sperma bikin hamil? (Foto: iStock)
Jakarta -

Menelan sperma saat seks oral kadang dilakukan beberapa pasangan. Menurut ahli sebetulnya kebiasaan ini tidak berisiko asal pasangan bersih dan bebas penyakit, namun muncul juga pertanyaan apakah menelan sperma bisa bikin hamil?

Dikutip dari Medical News Today, terapis seks Jennifer Litner menjelaskan sistem saluran pencernaan sama sekali tidak terhubung dengan sistem reproduksi. Karena itu hampir tidak mungkin menelan sperma saat seks oral akan menimbulkan kehamilan.

Kecuali bila seks oral diikuti oleh aktivitas seksual lain yang melibatkan penetrasi pada vagina.

"Saat seseorang menelan cairan sperma, ini akan mengikuti jalur sistem pencernaan yang sama dengan makanan atau minuman. Jalur tersebut tidak berhubungan dengan organ reproduksi sehingga tidak akan menimbulkan kehamilan," tulis Jennifer seperti dikutip pada Rabu (3/2/2021).

Kasus kehamilan usai seks oral yang langka pernah dilaporkan terjadi pada tahun 1988. Artikel di British Journal of Obstetrics and Gynaecology mendeskripsikan seorang gadis 15 tahun yang tidak sadar hamil.

Dikisahkan sang gadis tengah melakukan seks oral dengan pasangan ketika kemudian datang sang mantan. Mereka lalu terlibat perkelahian yang membuat sang gadis mengalami luka tusuk di bagian lengan dan perut.

Sembilan bulan kemudian sang gadis melahirkan bayi lewat operasi caesar. Dokter yang menangani kasus ini menduga luka tusuk merobek saluran pencernaan gadis dan organ reproduksinya sehingga membuka jalan bagi sperma yang ditelan.



Simak Video "Brasil Hentikan Sementara Vaksin AstraZeneca untuk Ibu Hamil"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/naf)