Senin, 15 Feb 2021 19:30 WIB

10 Cara Tingkatkan Libido Agar Sesi Bercinta Semakin Panas

Ardela Nabila - detikHealth
Ilustrasi hubungan seks suami istri Foto: Getty Images/iStockphoto/Ivanko_Brnjakovic
Jakarta -

Bercinta merupakan salah satu kunci agar hubungan kamu dan pasangan tetap harmonis. Meningkatkan gairah seksual dalam bercinta dapat membuat sesi intim dengan pasangan semakin panas.

Hanya saja, stres menghadapi masalah, kesehatan fisik, dan masalah dalam hubungan dapat mengurangi libido dalam tubuh.
Namun, banyak cara yang dapat kamu dan pasanganmu lakukan untuk meningkatkan libido. Dilansir dari laman Health, berikut 10 cara untuk meningkatkan libido.

1. Mengingat sesi bercinta paling berkesan

Komunikasi yang baik memiliki peran penting dalam hasrat seksual. Saat kamu dan pasanganmu saling memahami satu sama lain terkait hal yang kamu sukai dan tidak sukai saat bercinta, maka keduanya dapat menciptakan hubungan seks yang lebih baik. Dalam hal ini, kamu dapat mengingat kembali sesi bercinta paling berkesan menurut kamu dan pasanganmu.

2. Buat daftar keinginan

Kamu dan pasangan tentunya memiliki fantasi seksual. Menemukan hal yang kalian berdua ingin coba merupakan salah satu cara memperluas repertoar seksual. Kamu dapat membuat daftar hal yang ingin kamu coba dan lakukan, serta hal yang tidak kamu sukai.

3. Olahraga bersama

Olahraga bisa meningkatkan libido dalam tubuh. Selain itu, menurut sebuah studi yang meneliti gaya hidup wanita dan pria, olahraga juga dapat memperbaiki gejala menopause dan mencegah terjadinya disfungsi ereksi.

4. Gunakan lubrikan

Merasakan sakit saat berhubungan seks dapat membuatmu merasa tidak nyaman, sehingga kamu malah kehilangan mood untuk bercinta. Penyebab utama kamu merasakan sakit saat berhubungan intim adalah karena kekeringan pada vagina. Namun, tak perlu khawatir. Sebab, kamu bisa menggunakan lubrikan atau pelembab khusus vagina agar kamu tak lagi merasa sakit saat berhubungan seks.

5. Tingkatkan rasa penasaran

Jika pasanganmu memberi tahu mengenai fantasi seksualnya dan ingin mencobanya saat bercinta, kamu dapat mengatakan bahwa kamu akan mencari tahu terlebih dahulu. Namun, jika kamu ternyata tidak ingin melakukan hal tersebut, kamu bisa mengatakan yang sebenarnya tanpa menjatuhkan pasanganmu.

6. Bagi tugas dalam pekerjaan rumah

Setelah seharian bekerja, setumpuk pekerjaan rumah mungkin saja menunggumu di rumah, atau mungkin saja kamu harus lanjut mengerjakan pekerjaan kantor yang belum terselesaikan. Hal ini kemudian dapat menyebabkan kamu menjadi jauh dari pasangan. Sehingga, membagi tugas dalam mengurus rumah bisa membuat kamu dan pasangan tetap merasa senang.

7. Sinkronkan sesi bercinta

Hasrat seksual merupakan suatu hal yang kompleks dan dapat dipengaruhi oleh banyak hal. Jadi, penting bagi kamu dan pasangan untuk memahami apa yang dapat meningkatkan hasrat seksual. Waktu saat ingin bercinta yang tidak pas dengan pasangan dapat mengurangi kenikmatan dalam bercinta. Oleh sebab itu, penting untuk kamu dan pasangan menentukan waktu yang pas saat kalian tengah memiliki hasrat seksual.

8. Lakukan relaksasi sebelum seks

Stres yang kamu dapatkan dari berbagai hal seperti pekerjaan ternyata memiliki pengaruh besar terdapat kehidupan seks kamu, lho. Saat stres, tubuh memproduksi lebih banyak hormon kortisol yang jika diproduksi terlalu banyak dapat mempengaruhi libido. Sebelum berhubungan seks, kamu bisa melakukan berbagai cara mudah untuk mengosongkan pikiranmu, seperti berendam atau membaca buku.

9. Kunci pintu

Bagi pasangan yang memiliki anak atau hewan peliharaan, kalian tentunya tidak ingin mereka masuk secara tiba-tiba di tengah sesi bercinta. Pasalnya, Dr Millheiser mengatakan hal tersebut dapat merusak suasana. Memastikan bahwa kamu telah mengunci pintu kamar sebelum bercinta merupakan hal yang penting untuk dilakukan.

10. Dengarkan tubuhmu

Terkadang, tidak adanya dorongan seksual merupakan salah satu adanya masalah medis, seperti diabetes, penyakit jantung, dan gangguan neurologis. Tingkat hasrat seksual yang rendah juga bisa saja merupakan efek samping obat untuk depresi dan darah tinggi. Jika hal ini terjadi, maka kamu bisa mencoba menemui dokter untuk mengetahui lebih lanjut.



Simak Video "Seks Anal dari Kacamata Medis"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)