Senin, 01 Mar 2021 21:09 WIB

Perlu Tahu, Ini Hal-hal yang Mempengaruhi Pertumbuhan Mr P

Yuviniar Ekawati - detikHealth
Diet, fitness and health concept presented by yellow banana wrapped in measure tape isolated on yellow paper background Ukuran penis (Foto: iStock)
Jakarta -

Ukuran penis sering dikaitkan dengan kejantanan seorang pria sehingga banyak orang penasaran berapa besarkah ukuran penis bisa tumbuh.

Sebenarnya, apakah obsesi memiliki penis yang besar sesuai standar masyarakat sebenarnya diperlukan? Lalu, berapakah ukuran rata-rata ukuran penis?

Seperti yang diterangkan Nancy L. Brown, Ph.D., M.A., Ed.S pada penelitiannya menyoal pubertas pada pria, pertumbuhan penis terjadi selama masa pubertas.

Pubertas pada pria terjadi pada usia 9-14 tahun dan terjadi selama lima tahun atau lebih tergantung pada usia awal pubertas terjadi.

Meski demikian, di beberapa orang tetap memungkinkan pertumbuhan akan terus terjadi hingga di usia awal dua puluh.

Sedangkan pada usia 18 atau 19 tahun, penis akan tumbuh lebih panjang atau tebal berdasarkan penelitian Analia Tomova, MD, PhD dan rekannya yang dikutip oleh Healthline.

Dari penelitian di atas juga diketahui bahwa penis tumbuh dengan unik karena laju pertumbuhan penis akan berbeda dari satu pria ke pria lainnya.

Hal itu menjawab bahwa obsesi memiliki penis besar sesuai standar masyarakat sebenarnya tidak diperlukan karena penis sebenarnya tidak bisa diseragamkan dengan satu sama lain.

Selain itu obsesi tersebut juga akan membawa diri kepada menurunnya percaya diri. Mentalhelp.net bahkan menunjukkan adanya small penis syndrome atau sindrom penis kecil.

Padahal, rata-rata ukuran penis sendiri seperti yang ditulis Boston Medical Group tidak sebesar yang dipikirkan.

Mereka menggunakan tinjauan sistematis BJU International hasil kolaborasi dengan King's College London dan layanan kesehatan nasional Inggris (NHS) yang menggabungkan dua puluh studi tentang ukuran penis dari berbagai negara.

Tinjauan studi tersebut menemukan penis yang tidak ereksi memiliki panjang 9 cm dan saat ereksi 13 cm. Serta, rata-rata ketebalan penis yang tidak ereksi 9 cm dan saat ereksi 11,66 cm.



Simak Video "Tahukah Kamu Laki-laki Juga Punya Masa Subur?"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)