Selasa, 02 Mar 2021 19:30 WIB

4 Pantangan Sebelum Bercinta Agar Kuat Sampai Ronde Kedua

Ardela Nabila - detikHealth
Front view of happy young couple in pajamas decided to have fun by playing under red blanket during long days of quarantine at home. Tips agar kuat sampai ronde kedua (Foto: Getty Images/iStockphoto/fotostorm)
Jakarta -

Testosteron memiliki peran penting untuk meningkatkan dorongan seksual seseorang. Seiring bertambahnya usia, kadar hormon testosteron akan terus berkurang, sehingga libido pun menjadi ikut menurun.

Namun, terdapat cara alami yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kadar testosteron, seperti rutin berolahraga dan menjaga keseimbangan berat badan. Di sisi lain, makanan yang dikonsumsi setiap harinya ternyata juga dapat memengaruhi testosteron, lho.

Pasalnya, makanan yang dikonsumsi tidak hanya berdampak bagi kesehatan tubuh, tetapi juga komponen lainnya, termasuk hormon seperti testosteron. Mengonsumsi terlalu banyak makanan tertentu dapat memengaruhi keseimbangan hormon seseorang.

Meski pria lebih banyak memproduksi testosteron, hormon ini juga sama pentingnya bagi wanita. Sebab, testosteron dapat meningkatkan massa otot, tulang, dan memengaruhi reproduksi. Dikutip dari laman Medical News Today, berikut 4 jenis makanan yang dapat mengurangi tingkat testosteron dalam tubuh.

1. Produk kedelai

Makanan dengan bahan dasar kedelai, seperti tahu, edamame, dan protein kedelai mengandung fitoestrogen, yaitu senyawa yang mirip dengan estrogen yang terdapat dalam tubuh. Sebuah studi pada jurnal German Medical Science menyatakan, belum terdapat penjelasan mengenai hubungan antara mengonsumsi kedelai dengan tingkat testosteron.

Namun, para ahli mengatakan bahwa fitoestrogen yang terkandung pada kedelai dapat memengaruhi tubuh tanpa mengubah tingkat hormon dalam tubuh, sehingga bisa menyebabkan tingginya kadar estrogen.

2. Alkohol

Alkohol memiliki pengaruh terhadap testosteron, terutama pada pria. Meski sejumlah studi menyatakan bahwa mengonsumsi alkohol dalam jumlah sedikit dapat meningkatkan kadar testosteron pada pria, hal ini bukan berarti mengonsumsi alkohol dalam jumlah banyak memiliki efek yang sama.

Sebuah studi yang diunggah di Current Drug Abuse mengatakan bahwa rutin mengonsumsi alkohol dalam jumlah banyak dan dalam jangka waktu yang lama dapat menyebabkan turunnya kadar testosterone pada pria.

3. Peppermint

Peppermint memiliki efek menenangkan jika dicampurkan dengan teh. Namun, menthol yang terkandung dalam mint ternyata dapat mengurangi tingkat testosteron.

Penelitian mengenai hal ini pernah diunggah di BMC Complementary & Alternative Medicine yang menyatakan bahwa mint dapat menyebabkan turunnya kadar testosteron pada wanita dengan sindrom ovarium polikistik (PCOS).

4. Produk susu

Bagi kamu yang ingin meningkatkan kadar testosteron, maka salah satu jenis makanan yang harus dihindari adalah makanan yang mengandung susu. Sebab, susu sapi mengandung hormon alami yang dapat memengaruhi tingkat testosteron.



Simak Video "Apakah Rekam Video Seks Diri Sendiri Termasuk Gangguan Jiwa?"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)