Rabu, 03 Mar 2021 05:21 WIB

4 Cara Menjaga Kualitas Sperma Tetap Tokcer

Yuviniar Ekawati - detikHealth
ilustrasi sperma Ilustrasi sperma (Foto: iStock)
Jakarta -

Setiap pria mendambakan kualitas sperma yang sehat. Kualitas sperma juga menentukan seberapa besar peluang pasangan hamil.

Penelitian berjudul Male Infertility oleh Mondall B Meacham dan rekannya menemukan masalah kesuburan pria terjadi dari kualitas sperma.

Berikut sederet cara menjaga kondisi sperma tetap sehat dikutip dari Healthline.

1. Olahraga setiap hari

Olahraga berguna untuk pria karena dapat meningkatkan kadar testosteron. Semen atau air mani yang ditemukan pada pria yang aktif berolahraga juga memiliki kualitas yang lebih baik.

2. Asupan vitamin C

Mengonsumsi vitamin c dapat meningkatkan kesuburan karena merupakan suplemen antioksidan yang mampu melawan stres oksidatif pada tubuh. Stres oksidatif yang tinggi dapat menyebabkan kemandulan pada pria.

3. Mengurangi stres

Berdasarkan beberapa penelitian yang dikutip Healthline ternyata stres dapat mengurangi kepuasan seksual dan berpengaruh pada kesehatan sperma.

Ini karena kadar kortisol pada tubuh meningkat dan berpengaruh pada turunnya kadar testosteron. Sehingga manajemen stres dapat menjadi kunci kesuburan.

4. Tubuh cukup asupan vitamin D

Vitamin D juga dapat meningkatkan kadar testosteron. Dalam tubuh pria yang kekurangan vitamin D, ditemukan kadar testosteronnya lebih rendah.



Simak Video "Seks Anal dan Risiko Kesehatannya"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)