Senin, 08 Mar 2021 21:18 WIB

Catat! 3 Hal yang Bikin Pasutri Malas Bercinta

Ardela Nabila - detikHealth
Thoughtful woman sitting on bed while her husband sleeping Malas bercinta (Foto: Getty Images/101dalmatians)
Jakarta -

Turunnya libido pada wanita sering kali disebabkan oleh berbagai faktor. Pasalnya, hormon wanita merupakan hal kompleks yang kerap membuat wanita mengalami perubahan pada emosinya, tak terkecuali terkait seks.

Menurut seorang Profesor dan Kepala Departemen Obstetri dan Ginekologi di Emory University School of Medicine, Sarah L. Berga MD, terdapat banyak sekali variabel yang berperan dan bisa mempengaruhi fungsi dorongan seksual wanita, sehingga sulit menentukan apa yang bisa membuat libido wanita menurun.

Perubahan dorongan seksual sendiri tidak selalu disebabkan oleh kondisi biologis, tetapi terdapat faktor lainnya yang juga mempengaruhi, seperti stres yang dapat melepaskan kortisol dan mempengaruhi hormon seksual. Adapun turunnya libido pada wanita juga dapat disebabkan oleh kelelahan, masalah dalam hubungan, hingga depresi.

Dikutip dari laman Shape, berikut 4 alasan lainnya yang mungkin merupakan penyebab mengapa libido menurun.

1. Kopi

Kat Van Kirk, PhD, seorang ahli seks, mengatakan bahwa mengonsumsi terlalu banyak kopi dapat menyebabkan turunnya libido wanita. Sebab, konsumsi kafein yang terlalu banyak dapat mempengaruhi fungsi kelenjar adrenal dan melepaskan hormon stres pada otak yang mengurangi fungsi serta dorongan seksual.

"Satu atau dua cangkir kafein mungkin dapat memberikan energi. Namun, konsumsi kafein yang berlebihan dapat menyebabkan terjadinya masalah. Terlalu banyak kafein dapat menyebabkan kelenjar adrenal berfungsi secara berlebihan dan melepaskan hormon stres pada otak yang bisa menurunkan fungsi dan dorongan seksual," ujar Kirk.

Di sisi lain, Kirk merekomendasikan untuk tidak mengonsumsi kopi berlebihan demi mempertahankan libido.

2. Tidak percaya diri

Ternyata, cara kamu melihat dan menilai diri sendiri juga dapat mempengaruhi dorongan seksual, lho. Menurut Kirk, kebanyakan wanita sering kali memikirkan dan tidak percaya diri dengan dirinya saat berhubungan intim, sehingga mereka menjadi sulit mencapai orgasme dan menikmati sesi bercinta.

Oleh sebab itu, Kirk mengatakan bahwa kamu tidak seharusnya terlalu fokus pada kekuranganmu. Pasalnya, pasanganmu akan fokus pada diri dan gerakan kamu selama bercinta. Jadi, kamu sebaiknya juga fokus pada pasanganmu dan lebih percaya diri.

3. Obat-obatan

Alasan lain yang juga dapat mempengaruhi dorongan seksual adalah konsumsi obat-obatan. Jika kamu sedang dalam masa pengobatan atau konsumsi pil pengontrol kehamilan, maka hal ini bisa saja alasan mengapa libido menurun. Ternyata, selain menyebabkan mual, perubahan mood, sakit kepala, dan naiknya berat badan, pil pengontrol kehamilan juga memiliki pengaruh terhadap dorongan seksual.

Menurut studi, pil tersebut dapat menyebabkan adanya perubahan hormon menjadi tidak seimbang, sehingga apa yang kamu rasakan terkait seks juga turut berubah. Namun, studi lain menemukan bahwa pil tersebut juga bisa saja malah meningkatkan dorongan seksual. Jadi, terkait hal ini kamu bisa membicarakannya dengan dokter untuk mengetahui lebih lanjut.



Simak Video "Karantina Akibat Corona Pengaruhi Gairah Seks, Bagaimana Mengatasinya?"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)