Jumat, 12 Mar 2021 05:20 WIB

Berapa Banyak Kalori Terbakar di Tiap Fase Bercinta? Ini Perkiraannya

Ardela Nabila - detikHealth
Shot of a couple lying under a blanket with hearts scattered on the bed Ilustrasi seks (Foto: Getty Images/PeopleImages)
Jakarta -

Berhubungan intim dengan pasangan sering kali membuat tubuh menjadi berkeringat dan terasa seperti sedang berolahraga. Ternyata, berhubungan seks memang bisa membakar kalori sama seperti ketika berolahraga, lho.

Selain membakar kalori, rutin beraktivitas seksual juga tentunya memiliki berbagai manfaat kesehatan. Sebab, bercinta dapat membantu melancarkan peredaran darah serta endorfin. Namun, terkait berapa banyak kalori yang dibakar, hal tersebut bergantung pada berat badan dan durasi bercinta.

Menurut seorang ahli seks bernama Jess O'Reilly, PhD dari Astroglide, semakin lama durasi bercinta, maka semakin banyak pula kalori yang terbakar dalam tubuh. Lebih lanjut, ternyata berbagai aktivitas seksual, mulai dari berciuman hingga bercinta membakar kalori dalam jumlah berbeda, lho.

Dikutip dari laman Women's Health Magazine, berikut jumlah kalori yang dibakar dalam setiap aktivitas seksual bersama pasangan.

1. Berciuman

Berdasarkan sebuah studi di American Journal of Medicine, mencium pasangan ternyata bisa membakar kalori, yakni sebanyak 5-26 kalori setiap menitnya. Namun, hal tersebut tentunya bergantung dari durasi dan intensitasnya pula. Studi tersebut menemukan bahwa sebuah kecupan hanya menggunakan dua otot pada wajah, sehingga hanya membakar 2-3 kalori.

Di sisi lain, jika sesi ini menjadi lebih 'panas', kamu menggunakan 34 otot wajah dan 112 otot tubuh. Jumlah kalori yang terbakar pada saat berciuman juga ditentukan oleh posisi saat melakukannya.

2. Foreplay

Foreplay dapat membakar hingga 100 kalori setiap jamnya, hal ini berdasarkan sebuah unggahan dokter obgyn bernama Alyssa Dweck, MD. Sementara itu, seks oral juga bisa membakar kalori jika dilakukan pada durasi cukup lama. Selain itu, sama seperti saat berciuman, kalori yang dibakar saat foreplay turut ditentukan oleh posisi saat melakukannya.

3. Bercinta

Menurut sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2013, saat bercinta, seorang wanita dapat membakar sebanyak 69 kalori setiap sesinya (termasuk foreplay). Lebih lanjut, studi tersebut juga menemukan bahwa saat orgasme, detak jantung, oksigen, serta tekanan darah dapat meningkat jika wanita mencapai orgasme.

Studi lain dari The New England Journal of Medicine menyebutkan bahwa durasi satu sesi bercinta biasanya adalah selama enam menit, jadi jumlah kalori yang terbakar selama enam menit tersebut adalah 21. Untuk membakar lebih banyak kalori saat bercinta, para wanita dapat memilih posisi woman on top. Pasalnya, posisi tersebut memberikan kontrol penuh pada wanita untuk melakukan dorongan, sehingga kalori yang terbakar berjumlah lebih banyak.



Simak Video "Apakah Rekam Video Seks Diri Sendiri Termasuk Gangguan Jiwa?"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)