Minggu, 14 Mar 2021 04:59 WIB

Ternyata, Ini Alasan Pria Gampang Terangsang di Pagi Hari

Ardela Nabila - detikHealth
Diet, fitness and health concept presented by yellow banana wrapped in measure tape isolated on yellow paper background Ereksi di pagi hari (Foto: iStock)
Jakarta -

Para pria sering kali mengalami ereksi saat bangun tidur di pagi hari. Ternyata, istilah medis untuk menjelaskan kondisi morning wood tersebut disebut dengan nocturnal penile tumescence (NPT).

Meski tidak disadari, ereksi pada penis sebenarnya terjadi tiga sampai lima kali sepanjang malam. Menurut Gloria Brame, seorang seksolog sekaligus penulis buku Sex for Grown-Ups, hal ini biasa terjadi pada pria lantaran hormon berada pada tingkat puncak.

"Ini biasa terjadi pada laki-laki remaja atau muda karena hormon yang meningkat, sehingga hormon tersebut harus dilepaskan dan menyebabkan ereksi," ujar Brame, dikutip dari Men's Health.

Namun, seiring bertambahnya usia pria, frekuensi pria mengalami ereksi di malam hingga pagi hari akan berkurang karena kadar testosteron yang juga terus menurun. Di sisi lain, banyak yang beranggapan bahwa ereksi di pagi hari disebabkan oleh mimpi selama tidur.

Padahal, ereksi dan mimpi sama sekali tidak berkaitan. Hal tersebut diungkapkan oleh Uta Demontis, PhD, seorang seksolog klinis dan pelatih hubungan. Menurutnya, ereksi yang terjadi secara spontan itu bahkan kerap terjadi pada janin saat masih di dalam rahim.

Demontis kemudian menjelaskan bahwa ereksi juga terjadi di malam hari karena adanya aliran darah segar pada penis. Diungkapkan oleh Brame, morning wood terjadi karena meningkatkan hormon pria yang menyebabkan penis menjadi sensitif.

Sementara itu, pada siang hari, penis tidak mengalami hal yang sama saat malam atau pagi hari karena terdapat zat anti-ereksi pada otak yang membantunya tidak berereksi secara tiba-tiba di waktu yang tidak tepat.

"Otak pria memproduksi sebuah zat anti-ereksi pada waktu mereka tidak tertidur, hal ini membantunya agar tidak mengalami ereksi tak terduga yang muncul di waktu tidak tepat," kata Brame.



Simak Video "Sering Onani? Hati-hati Jadi Penyakit!"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)