Selasa, 16 Mar 2021 20:57 WIB

Jangan Remehkan Anyang-anyangan Sehabis Bercinta, Ini Kemungkinan Penyebabnya

Yuviniar Ekawati - detikHealth
Cropped image of beautiful young woman sitting on toilet. Her panties is hanging on her legs Anyang-anyangan sehabis bercinta (Foto: istock)
Jakarta -

Beberapa orang mengeluh tidak nyaman saat buang air kecil terlebih setelah melakukan hubungan seksual, mungkin saja itu tanda dari tubuh terkena penyakit anyang-anyangan.

Kondisi anyang-anyangan dapat terjadi karena infeksi saluran kemih. Banyak faktor yang dapat membuat perempuan tertular infeksi saluran kemih salah satunya adalah lewat aktivitas hubungan seksual atau bercinta.

Dikutip dari Healthline, sebuah studi tahun 2013 soal infeksi saluran kemih menyebut 50 hingga 60 persen perempuan pernah mengalami kondisi ini. Beberapa di antaranya diketahui terinfeksi setelah melakukan aktivitas seksual.

Meskipun laki-laki juga dapat mengalami hal ini, tetapi kondisi ini jarang terjadi dibandingkan pada perempuan.

"Selama hubungan seksual, ada potensi atau risiko bakteri masuk ke dalam uretra dan kandung kemih, hal ini meningkatkan risiko infeksi saluran kemih," jelas spesialis obgyn dr Lakeisha Richardson.

Penyebab perempuan lebih rentan terkena infeksi saluran kemih setelah melakukan aktivitas seksual disebabkan oleh anatomi tubuh yang dimiliki perempuan.

Perempuan memiliki uretra yaitu, saluran yang mengalirkan urin keluar dari tubuh lebih pendek daripada yang dimiliki laki-laki.

Hal tersebut membuat bakteri lebih mudah masuk ke kandung kemih, terutama saat melakukan penetrasi.

Tetapi, infeksi saluran kemih bukan hanya dapat terjadi karena penetrasi. ISK juga bisa juga terjadi akibat seks oral.

Salah satu penyebabnya karena pada perempuan uretra lebih dekat ke anus sehingga memudahkan bakteri seperti E coli masuk ke uretra perempuan.

Bagaimana mengatasi anyang-anyangan sehabis bercinta? Simak di halaman berikut:

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Selain Bikin Tak Bisa Ereksi, Kebiri Kimia Juga Ancam Nyawa Predator Seksual"
[Gambas:Video 20detik]