Jumat, 19 Mar 2021 05:35 WIB

Alternatif untuk Tunda Kehamilan, Ini Cara Pakai Kondom Wanita

Ardela Nabila - detikHealth
Shot of a couple lying under a blanket with hearts scattered on the bed Foto: Getty Images/PeopleImages
Jakarta -

Alat kontrasepsi kondom tidak hanya tersedia untuk pria lho, untuk para wanita juga. Dikutip dari laman Mayo Clinic, kondom untuk wanita itu disebut dengan kondom internal. Kondom internal tersebut digunakan sebagai penahan sperma agar tidak memasuki rahim.

Selain bisa mencegah kehamilan, kondom jenis ini juga dapat melindungi wanita dari infeksi menular seksual (IMS). Berbeda dengan kondom untuk pria, kondom internal berbentuk seperti kantung berbahan lembut dan longgar.

Pada setiap ujung kondom untuk wanita itu, terdapat cincin, di mana satu bagian cincin tersebut akan dimasukkan ke dalam vagina, sementara bagian lainnya tetap berada di luar vagina. Nantinya, cincin bagian luar akan membantu menjaga agar kondom tetap berada di tempatnya dan digunakan untuk melepas kondom setelah selesai digunakan.

Menggunakan kondom saat bercinta tentunya memiliki manfaat. Pasalnya, alat kontrasepsi yang satu ini disebut cukup efektif untuk menunda kehamilan jika digunakan dengan tepat. Selain itu, kondom jenis ini juga bisa dibeli tanpa perlu resep dokter.

Diketahui, kondom untuk wanita ini jarang menyebabkan reaksi alergi serta memiliki risiko efek samping yang minimal. Sebab, kondom untuk wanita berbahan dasar poliuretan dan lateks sensitif, tidak seperti kebanyakan kondom untuk pria yang terbuat dari lateks.

Jadi, para wanita yang memiliki alergi terhadap lateks karet alam dapat menggunakan kondom jenis ini. Kelebihan lainnya dari kondom ini adalah ia tidak terpengaruh oleh kelembapan atau perubahan suhu. Tak berhenti di situ, bagian luar cincin pada kondom internal juga dapat menstimulasi klitoris, lho.

Di sisi lain, terdapat pula hal-hal yang dapat mempengaruhi efektivitas kondom untuk wanita itu. Adapun tips pemakaian kondomnya. Apa saja?

KLIK DI SINI UNTUK KE HALAMAN SELANJUTNYA



Simak Video "Hmm.. Pil KB Bikin Gemuk, Mitos atau Fakta?"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)